Media Asing Investigasi Kasus Perdagangan Orang di Brebes

0
81

Brebes, Harianbrebes.com-Kasus perdagangan orang (Human Trafickking)  menimpa warga Brebes yang ingin menjadi pahlawan Devisa ke Jepang menjadi perhatian serius pemerintah Jepang, sehingga media asing Jepang NHK TV, Senin (19/2) melakukan investigasi sampai ke Brebes.

Ketertarikan NHK TV Jepang melakukan investigasi di Indonesia karena maraknya human trafickking di Brebes, banyak warganya yang ingin berangkat ke Jepang tanpa informasi yang jelas, sehingga banyak dimanfaatkan oknum yang tidak bertanggungjawab.

Menurut salah satu reporter NHK TV Raja Eben, bahwa perusahaanya tertarik meliput kasus ini karena pemerintah Jepang merasa gerah dengan banyaknya TKI yang masuk ke Jepang tanpa prosedur yang benar, sehingga langsung dideportasi.

“Kami (NHK Jepang-red) hanya ingin melihat secara langsung, apa yang terjadi sesungguhnya di Brebes Indonesia, mengenai TKI yang mengalami masalah, sehingga di deportasi, ” papar laki-laki berkacamata ini.

NHK sendiri adalah satu-satunya lembaga penyiaran publik di Jepang. NHK memulai siaran radio pada tahun 1925. Perusahaan ini didanai oleh iuran televisi yang dibayar pemilik pesawat televisi agar dapat memberikan materi siaran yang bebas dari pengaruh politik atau organisasi swasta serta memprioritaskan opini khalayaknya.

Sementara itu, NHK saat ini melakukan siaran di 4 saluran televisi dan 3 saluran radio dalam negeri. Saluran TV Umum dan TV Pendidikan untuk layanan TV teresterial serta 3 saluran radio dalam negeri menyajikan berita, program pendidikan, hiburan keluarga dan lain sebagainya.

Selain itu, NHK WORLD adalah layanan penyiaran internasional NHK.
NHK mengelola layanan televisi dan radio internasional serta internet. Seluruh layanan ini dikenal sebagai NHK WORLD.

Menilik NHK world melalui https://www3.nhk.or.jp/nhkworld/id/ bahwa “NHK WORLD TV” (Siaran TV Internasional) NHK WORLD TV adalah layanan televisi berbahasa Inggris bagi pemirsa di seluruh dunia. Disiarkan ke seluruh dunia melalui tiga satelit komunikasi, NHK WORLD TV menyajikan informasi terkini dari Jepang, Asia dan wilayah lainnya di dunia, juga berbagai macam program, 24 jam sehari.“NHK WORLD PREMIUM” (Distribusi Program)NHK WORLD PREMIUM menyajikan program-program 24 jam sehari melalui provider layanan jaringan kabel dan televisi satelit di berbagai negara. Selain program berita dan informasi NHK, layanan ini juga mendistribusikan program drama, anak-anak, olahraga, hiburan, budaya dan seni.“NHK WORLD RADIO JAPAN”NHK WORLD RADIO JAPAN disiarkan ke seluruh dunia dalam 18 bahasa, termasuk Bahasa Inggris dan Jepang. Durasi siaran setiap bahasa berbeda satu sama lain, namun durasi total program radio ini setiap harinya adalah 64 jam 30 menit.“NHK WORLD INTERNET SERVICE”Situs web dalam 18 bahasa menyajikan berita, programa dan pelajaran Bahasa Jepang. Situs web juga menyajikan berbagai layanan antara lain streaming berita video, berita audio, teks berita, layanan berita mobile serta layanan Belajar Bahasa Jepang (layanan yang tersedia berbeda tergantung masing-masing bahasa). (red-HB/Arkana)

Harian Brebes

LEAVE A REPLY