Pemda Brebes Mendapatkan Anugerah Parahita Ekapraya

0
24
Bupati Brebes Hj Idza Priyanti SE MH didampingi Kepala Baperlitbangda Dr Angkatno selaku Ketua Pokja APE, Sekretaris DP3KB Hj Farikha dan pejabat terkait di DP3KB. Rabu (19/12)

Jakarta, Harianbrebes.com – Bupati Brebes Hj Idza Priyanti SE MH menerima penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya Pemda tingkat Utama. Penghargaan di bidang pengarusutamaan gender (PUG) itu diserahkan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yohana S Yambesi di saksikan Wakil Presiden RI Jusuf Kalla di Istana Wakil Presiden, Jakarta, Rabu (19/12).

“Alhamdulillah, Kabupaten Brebes kembali mendapatkan penghargaan APE tingkat Utama. Ini prestasi masyarakat Brebes yang amat peduli kepada kaum wanita,,” ujar Bupati usai menerima penghargaan.

“Kami berupaya responsip gender disegala bidang, baik itu kelembagaan, kebijakan maupun pelaksanaanya,” ujar Bupati.

Dikatakannya, Brebes setiap tahun mendapatkan Penghargaan APE dari tingkat pratama, madya dan kali ini mencapai predikat Utama.

Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya diberikan kepada daerah yang peduli terhadap kesetaraan gender.

Dimana Kementerian PP dan PA bekerjasama dengan tim independen telah melaksanakan evaluasi pelaksanaan pengarusutamaan gender (PUG) tahun 2018 di kabupaten/kota.

Berdasarkan hasil evaluasi, telah ditetapkan pemerintah Kabupaten Brebes sebagai salah satu penerima penghargaan APE tahun 2018 tingkat utama.

“Sejumlah indikator berhasil dipenuhi oleh Kabupaten Brebes sehingga berhasil menyabet penghargaan ini,” kata Idza.

“Indikatornya seperti fasilitasi dan regulasi yang responsif terhadap gender serta jumlah pejabat perempuan yang ada dilingkup Pemkab Brebes,” tuturnya.

Kepala Bidang Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak DP3KB Kabupaten Brebes Rini Pujiastuti menambahkan, Kabupaten Brebes mendapatkan berbagai penghargaan pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak antara lain OCDay, KLA, SRA, Puskesmas Layak Anak dan APE serta lainnya.

Wakil Presiden Jusuf Kalla bersama Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Pelindungan Anak (PPPA) Yohana Yembise secara simbolis memberikan penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) 2018 kepada sembilan kementerian/lembaga, 22 pemerintah provinsi dan 159 pemerintah daerah kabupaten/kota.

Penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi pemerintah atas komitmen dan peran kementerian/lembaga, serta pemerintah daerah yang telah berupaya dan berkomitmen melaksanakan pembangunan PPPA melalui strategi pengarusutamaan gender (PUG).

Sejak 2004, pemerintah melalui Kementerian PPPA telah melakukan evaluasi pelaksanaan pembangunan pembangunan pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak melalui strategi pengarusutamaan gender,” ucap Yohana saat memberikan penghargaan.

Pemberian penghargaan APE terdiri dalam empat kategori, yakni kategori Pratama, diberikan kepada dua provinsi dan 44 kabapaten/kota; kategori Madya diberikan kepada 1 Kementerian 8 Provinsi, dan 75 Kabupaten/Kota. Kategori Utama diberikan kepada 1 kementerian, 8 delapan provinsi dan 36 kabupaten /kota; serta kategori tertinggi Mentor diberikan kepada 6 kementerian/lembaga, 4 provinsi dan empat kabupaten/kota.

Pemberian penghargaan APE 2018 merupakan salah satu rangkaian kegiatan dalam rangka Peringatan Hari Ibu (PHI) ke-90 Tahun 2018.
“Harapan kami semua stakeholder dapat bekerja sama, berkolaborasi, dan saling bahu membahu mengemban mandat negara untuk menjadikan perempuan dan anak Indonesia berada pada garis aman, mandiri, bermartabat, dan berkualitas,” pungkas menteri.

Turut mendampingi penerimaan penghargaan Kepala Baperlitbangda Dr Angkatno selaku Ketua Pokja APE, Sekretaris DP3KB Hj Farikha dan pejabat terkait di DP3KB. (HB-wsd)

Harian Brebes

LEAVE A REPLY