Melalui Pakta Integritas, Kalapas Brebes Komitmen Ciptakan Lapas Bebas Korupsi

0
18
Petugas Lapas Kelas IIB Kabupaten Brebes menandatangani Pakta Integritas untuk menciptakan lingkungan yang bebas korupsi, Jumat (25/1/2019). Foto : Tribun Jateng/Zainal Arifin

Brebes, Harianbrebes.com – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Kabupaten Brebes, Maliki, berkomitmen untuk mewujudkan lingkungan Lapas yang bebas korupsi dan memberikan pelayanan publik sebaik mungkin kepada narapidana maupun pengunjung.

Hal itu diwujudkan dengan penandatangan pakta integritas yang dilakukannya dengan jajaran dan Polres Brebes serta Kejaksaan Negeri (Kejari) Brebes di Lapas, Jumat (25/1/2019).

“Kita awali dengan Pakta Integritas dari semua jajaran Lapas Brebes. Jadi semua anggota harus punya komitmen bersama untuk mewujudkan Lapas Brebes menjadi wilayah bebas korupsi,” kata Maliki.

Selain menuangkan komitmen bebas korupsi, dengan adanya pakta integritas tersebut juga diimbangi peningkatan kualitas pelayanan yakni terkait pelayanan bagi pengunjung yang akan membesuk warga binaan atay narapidana.

“Kita layani pengunjung dengan baik, dengan senyum, tempatnya nyaman dan semuanya gratis, termasuk parkir juga gratis,” jelasnya.

Maliki mengakui, beberapa di antara pengunjung mengeluhkan proses awal yang terlalu lama saat masuk ke Lapas untuk menjenguk warga binaan.

Menurutnya, hal itu disebabkan lantaran pengunjung membawa barang bawaan yang cukup banyak. Sesuai aturan, barang bawaan pengunjung harus melalui proses pengecekan yang ketat.

“Kalau yang besuk bawa barang bawaan, pasti lama, kan ada proses pengecekan. Tapi kalau tidak bawa barang bawaan, cukup mendaftar saja, finger print, langsung masuk,” tuturnya.

Selain itu, kemudahan juga diberikan dalam hal pendaftaran. Saat akan membesuk pertama kalinya, pengunjung harus mengisi formulir. Kemudian oleh petugas, data pengunjung diinput sebagai data lapas. Sehingga, jika pengunjung melakukan kunjungan lagi, tinggal ambil nomor antrean dan melakukan finger print saja.

“Itu untuk pengunjung baru. Kalau data sudah ada, surat kunjungan bisa langsung terbit tidak lebih dari satu menit,” ucapnya.

Dengan sudah ditandatanganinya pakta integritas tersebut, diharapkan bisa membawa suatu perubahan. Terlebih sebagai abdi negara sudah diberikan fasilitas dan tunjangan.

Seiring penandatanganan Pakta Integritas tersebut, Lapas Brebes akan terus meningkatkan menuju wilayah bebas korupsi dan layanan bagi pengunjung yang lebih baik.

“Jadi lapas Brebes, mulai hari ini, kita satukan visi menuju ke arah sana, agar tercipta wilayah yang bebas korupsi dengan pelayanan publik yang sangat bagus,” pungkasnya.

Sumber : Tribun Jateng

Harian Brebes

LEAVE A REPLY