Kemenag dan FK-PKPS Kembangkan Program Pendidikan Kesetaraan di Pondok Pesantren Salafiyah

Direktur Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren (Pontren) Ahmad Zayadi menerima kunjungan perwakilan dari Forum Komunikasi Pendidikan Kesetaraan pada Pondok Pesantren Salafiyah (FK-PKPS). Jum'at (15/2). Foto : Istimewa

Jakarta, Harianbrebes – Direktur Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren (Pontren) Ahmad Zayadi menerima kunjungan perwakilan dari Forum Komunikasi Pendidikan Kesetaraan pada Pondok Pesantren Salafiyah (FK-PKPS). Menurut Direktur Pontren, FK PKPS merupakan perkumpulan dari berbagai Ponpes yang berada di berbagai wilayah.

Lebih lanjut, Doktor lulusan UPI Bandung ini menjelaskan bahwa keberadaan lembaga ini sangat penting mengingat struktur di bawah Kementerian Agama (Kemenag) memang butuh mitra dalam pelayanan pendidikan di Pondok Pesantren. “Kita ini tidak memiliki semacam LPMP di daerah, maka ini sangat bermanfaat bagi kami,” tukasnya di Jakarta, Jumat (15/02).

Direktur memandang, FK-PKPS ini termasuk lembaga yang memiliki sudut pandang yang sejalan dengan program Kemenag dalam pengembangan Pendidikan Kesetaraan di Pondok Pesantren Salafiyah.

Mantan Kasubdit Pendidikan Kesetaraan ini juga menjelaskan bahwa, meski secara garis besar Pendidikan Kesetaraan ini memiliki struktur yang mapan, namun juga harus tetap menjadi perhatian FK PKPS ke depan. “Di sini ada BAN PAUD-PNF dalam hal melakukan proses akreditasi. Namun, di luar itu semua, perlu di-endros kawan-kawan dari FK-PKPS,” pungkas Zayadi.

Untuk diketahui bahwa, pada 2018 kemarin, sebanyak 184 lembaga Pendidikan Kesetaraan pada Pondok Pesantren Salafiyah telah terakreditasi dari Badan Akreditasi Nasional PAUD-Pendidikan Non Formal (BAN PAUD-PNF) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kasubdit Kesetaraan Sarpani menambahkan, FK-PKPS selama ini merupakan forum yang selama ini menjadi mitra dalam koordinasi suksesnya Ujian Nasional dan persiapan Akreditasi tahap selanjutnya yang akan dilaksanakan. Hadir juga dalam pertemuan ini Kepala Seksi Ketenagaan dan Kesantrian Solla Taufiq dan Kepala Seksi Kurikulum pada Pendidikan Kesetaraan Fifi Mutia. (Sholla Taufik)

Sumber : Kemenag

LEAVE A REPLY