Peringatan HPSN 2019, Momentum Indonesia Bebas Sampah Plastik

0
21
Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional 2019 Kabupaten Brebes di Islamic Center. Minggu (24/2).

Brebes, Harianbrebes.com – Dalam memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2019, Dinas Lingkungan Hidup dan Pengelolaan Sampah Kabupaten Brebes menggelar acara senam bersama Bupati Brebes dan Gerakan Bersih-bersih bersama (Clean Up) di pasar seporete kompleks Islamic Center Brebes, (24/02/2019).

Dalam acara tersebut, Bupati Brebes, Idza Priyanti menyampaikan terkait pentingnya pengelolaan bank sampah dan pengurangan sampah plastik.

“Kami melalui Dinas LHPS sebelumnya sudah melakukan sosialisasi kepada masyarakat terkait bank sampah. Dan Alhamdulillah ini bisa ditangkap oleh pelaku bank-bank sampah dengan baik. Itu dibuktikan dengan mereka mampu mengolah sampah organik menjadi pupuk dan sampah plastik pun mampu didaur ulang menjadi kegiatan kerajinan yang menghasilkan topi, tas dan baju dan lainnya,” kata Idza.

Sebelumnya, Bupati Brebes juga sudah menginstruksikan kepada kepala desa agar menganggarkan sarana dan prasarana persampahan serta operasional pengelolaan sampah desa melalui Dana Desa.

Sementara itu, Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia melalui staff ahli bidang ekonomi dan SDA, Laksmi Wijayanti mengungkapkan, bahwa kegiatan ini merupakan Program Gerakan Indonesia Bersih yang bertujuan mendorong masyarakat untuk mewujudkan sinergi dalam mengurangi sampah termasuk sampah plastik.

“Hampir 66 juta ton per tahun Indonesia menghasilkan sampah. Dari jumlah tersebut, jika hanya diserahkan ke pemerintah untuk melakukan penanganan, itu tidak mungkin. Makanya kita dorong masyarakat untuk bersinergi mengurangi sampah, terutama plastik yah, karena susah diuraikan secara alami,” ungkap Laksmi.

Selain itu dirinya juga menuturkan, sampah terutama plastik menjadi perhatian, bahkan di tingkat Internasional lantaran berpotensi merugikan manusia dan satwa. “Sampah plastik di laut, itu nanti bisa menjadi ukuran mikro, kecil sekali, hingga bisa masuk pencernaan ikan, ikannya nanti kita makan, itu termasuk rantai makanan loh,” tuturnya.

Acara ini bukan semata acara seremonial, akan tetapi kedepan harus benar-benar menjadi gerakan bersama untuk merubah budaya dan mindset kita dalam mengelola sampah mulai dari diri sendiri dan lingkungan sekitar.

Selain dihadiri langsung oleh Bupati Brebes, dan Staf Ahli KLH, acara ini juga dihadiri oleh Forkominda, Kepala OPD dan juga melibatkan berbagai lapisan masyarakat yang tidak hanya melakukan bersih-bersih tetapi dilaksanakan juga kampanye Gerakan Brebes Bersih melalui penukaran sampah anorganik dengan bibit tanaman buah-buahan serta pembagian kantong belanja guna ulang yang disediakan oleh Dinas LHPS Kabupaten Brebes.(HB-Gusti)

Harian Brebes

LEAVE A REPLY