Satkorcab Banser Kabupaten Brebes Gelar Ijazah Kubro

0
223
Ketua Umum PP GP Ansor H. Yaqut Cholil Qoumas hadir dalam Ijazah Kubro Ansor Kabupaten Brebes. Minggu (24/2).

Brebes, Harianbrebes.com – Ribuan Ansor dan Banser Kabupaten Brebes mengikuti penggemblengan ijazah kubro untuk bela negara dalam rangka lestarikan tradisi cinta negeri, persiapan batin, mental dan spiritual di Halaman Islamic Center Kabupaten Brebes, Jawa Tengah pada Ahad (24/2) Siang.

Kegiatan ini dihadiri oleh ketua umum PP GP ANSOR / Panglima Tertinggi Banser H. Yaqut Cholil Qoumas (Gus Yaqut), Ketua Korwil Jateng & DIY PP GP ANSOR Mujiburrohman (Gus Mujib), Ketua PW GP ANSOR Jawa Tengah Solahudin Aly (Gus Sholah), Ketua Dewan Khos Pagar Nusa dan Banser NU Indonesia KH. M Nadjib Suyuthi Ghozali (Abah Suyuthi) Blora, Abah Mul Densus 99 Banser, Anggota DPR-RI komisi III H. Bachrudin Nasori, serta beberapa Kyai sepuh.

Ketua Umum PP GP Ansor, H. Yaqut Cholil Qoumas (Gus Yaqut) mengatakan, Cinta Negara itu penting, karena NKRI ini didirikan oleh para Muasis Jamiyah Nahdlatul Ulama, dan NU didirikan bukan saja untuk Nahdliyin namun untuk Indonesia. Dan jika tidak menginginkan negara ini hancur maka seluruh kader Ansor Banser untuk totalitas berkhidmat mencintai negara ini. Tegas.

Sementara Ketua Pimpinan Cabang (PC) GP Ansor Kab Brebes, Ahmad Munsip Maksudi menyampaikan, Saya bangga serta rasa haru yang luar biasa terhadap peserta yang datang dari berbagai pelosok dikabupaten Brebes, saya yakin karena ketulusan peserta dalam rangka berkhidmat kepada NU, berkhidmat pada kyai-kyai NU serta berkhidmat kepada Gerakan Pemuda Ansor. Saya hanya ingin mengingatkan dan menyampaikan tentang 2 hal bahwa para ulama kita terdahulu dan para kyai-kyai kita terdahulu mengikuti dan menjalankan ajaran Nabi, yang pertama adalah Himayat-ud diin (menjaga agama), melestarikan Islam Ahlussunah Waljama’ah. Yang kedua adalah himayat-ud daulah (melindungi negara). Mari kita sebagai generasi penerus bangsa Ansor dan Banser Kabupaten Brebes untuk melestarikan agama Ahlussunah Waljama’ah dan menjaga keutuhan NKRI yang telah diajarkan para ulama dan kyai-kyai kita terdahulu. Ujarnya.

Satkorcab Banser sekaligus ketua panitia Ijazah Kubro, H. M. Ikhwan mengatakan, kegiatan ini diikuti oleh 2500 peserta Ijazah Kubro dari 17 Kecamatan di Kabupaten Brebes. Kegiatan Ijazah Kubro ini terbuka untuk seluruh warga Nahdlatul Ulama. Peserta yang mengikuti Ijazah Kubro atau menerima ijazah didata dengan sangat rapi oleh panitia.

Gemblengan Ilmu Hikmah tersebut diisi oleh Ketua Dewan Khos Pagar Nusa dan Banser NU se-Indonesia, KH M Suyuthi Ghozali. “Diharapkan, dari gemblengan ini mampu menciptakan generasi muda bangsa yang tangguh, baik dari fisik maupun batin. Tidak hanya memiliki kecerdasan intelektual, namun juga kecerdasan emosional,” Pungkasnya. [Red-HB/Taufik]

Harian Brebes

LEAVE A REPLY