Polres Brebes Gelar Pertandingan Sepakbola dan Poskamling Jelang Pemilu Serentak

0
16
Polres Brebes gelar Safari Sepakbola Kamtibmas jelang Pemilu Serentak 2019.

Brebes, Harianbrebes.com – Kabupaten Brebes akan melaksanakan Pilpres dan Pileg serentak pada 17 April 2019 mendatang. Para peserta pemilu akan memperebutkan suara sekitar 1,5 juta di 17 Kecamatan di Kabupaten Brebes yang merupakan jumlah paling banyak pemilih di Jawa Tengah.

Untuk mendukung situasi kondusif menjelang Pilpres dan Pileg, Kepolisian Resor Brebes menggelar kegiatan silaturahmi dan pertandingan sepakbola persahabatan. Dengan harapan laga persahabatan sepakbola Kamtibmas yang mempertandingkan kesebelasan polisi dengan kesebelasan yang berasal dari warga dan pemuda desa Kedungbokor Kecamatan Larangan, sehingga tercipta keamanan, kedamaian dan kesejukan jelang Pemilu 2019

Adapun laga sepakbola persahabatan digelar di lapangan desa setempat, Jum’at (22/3) sore. Tim dari kepolisian dipimpin langsung Kapolres Brebes AKBP Aris Supriyono. Sedangkan tim lawan dari warga dan pemuda desa Kedungbokor.

Pertandingan sepakbola itu berjalan cukup seru dan menarik. Ratusan warga dari beberapa pedukuhan dan desa di Kecamatan Larangan antusias menyaksikan laga tersebut.

Meskipun di babak kedua turun hujan lebat, aksi olah sikulit bundar yang diperagakan mencuri perhatian warga setempat. Teriakan semangat terdengar bersayup-sayup dari pinggir lapangan.

Pertandingan berjalan sangat seru namun penuh sportivitas, dengan skor akhir 1-0 untuk tim dari kesebelasan Kedungbokor FC. Dalam kegiatan itu, Kapolres Brebes memberikan hadiah dan kenang-kenangan kepada pemuda berupa bola voli dan bola sepak bola.

Menurut Kapolres, melalui sepak bola persahabatan ini, pihaknya ingin mengajak seluruh masyarakat untuk menjaga keamanan menjelang Pilpres dan pileg yang tinggal hitungan hari.

“Melalui kegiatan seperti ini kita akan sebarkan informasi mengajak masyarakat untuk menjaga kondusifitas sehingga Pilpres dan Pileg aman,” ucap Aris Supriyono, Jumat 22 Maret 2019.

Selain penyebaran informasi dan sosialisasi keamanan serta ketertiban tentang Pilpres dan Pileg, kata Kapolres, pihaknya juga dapat memperoleh informasi tentang potensi gangguan Kamtibmas di masing-masing wilayah, melalui Satuan Pembinaan Masyarakat (Bimas). Sehingga diharapkan bisa diambil langkah antisipasi sejak dini.

Selain menggelar laga persahabatan sepakbola, Kapolres juga menggencarkan dan menghidupkan kegiatan Poskamling di masyarakat. Apel Poskamling sudah digelar dan diikuti oleh warga yang sehari-hari bertugas sebagai keamanan di wilayahnya.

“Dengan Poskamling diharapkan dapat memotivasi masayarakat untuk mau berpartisipasi menjaga keamanan di lingkungan masing-masing,” mantan Kasubdit Resmob Polda Metro Jaya itu.

Menurut Kapolres Aris Supriyono keberadaan Poskamling bisa menjaga keamanan mulai dari tingkat RT, RW, kelurahan, desa, kecamatan hingga kabupaten. Pasalnya, Poskamling bisa menjadi garda terdepan dalam mencegah perselisihan antar pendukung.

“Dan diharapkan Poskamling ini menjadi jenjang informasi sampai ke Polres Brebes. Dan juga, kalau masyarakat sudah memahami peran Polri, saya yakin mereka akan membantu menciptakan keamanan. Begitu ada informasi, kemudian kita cari solusinya bagaimana,” ungkapnya.

Sementara itu, Warga Kedungbokor Larangan Jumarso mengatakan, warga Kedungbokor berterimakasih kepada jajaran Polres Brebes yang hadir di wikayah Desa Kedungbokor.

“Warga disini antusias dan bersemangat dalam kegiatan silaturahmi dengan Pak Kapolres dan bermain bola bersama,” ucap Jumarso.

Menurut dia, kehadiran polisi di tengah – tengah masyarakat untuk menjalin kemitraan dengan masyarakat. Apalagi tugas polisi menganyomi masyarakat. Sesuai arahan dari pihak kepolisian, kata dia, warga diminta untuk kembali menggiatkan Poskamling. Karena bisa memberikan kontribusi positif dalam pencegahan konflik dan kriminalitas di lingkungan masing-masing.

“Kami warga dan pemuda siap berpartisipasi dalam Poskamling, untuk kondusifitas di lingkungan masing-masing,” ungkapnya.(HB).

Harian Brebes

LEAVE A REPLY