Meriahkan HUT Ke-74 RI, Iswo Wibowo Akan Gelar Pameran Lukisan

Brebes, HarianBrebes.com,- Iswo Wibowo yang akrab dengan sapaan Iswo merupakan seorang dengan bakat seni lukis yang hasil karyanya dikoleksi oleh Kolektor Seni seperti Mantan Presiden Megawati Soekarno Putri.

Pelukis dari Desa Buara, Kecamatan Ketanggungan, Kabupaten Brebes ini rencananya akan menggelar Pameran Seni Lukis bersama para pelukis yang tergabung di Sekretariat Galeri Seni Lukis Bima Sakti dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun Ke 74 Kemerdekaan Republik Indonesia.

Acara tersebut, akan dilaksanakan pada tanggal 25 sampai dengan 30 Agustus 2019 di Dukuh Limbangan, Desa Buara RT 007 RW 007 Kecamatan Ketanggungan, Kabupaten Brebes. Selain itu juga ada perlombaan lukis yang diikuti oleh pelajar dan ada panggung hiburan rakyatnya juga.

Sebagai seorang seniman, dirinya mengaku senang berbaur langsung dengan masyarakat, sehingga dengan alasan itu juga dirinya berencana untuk mengajak masyarakat didesanya agar lebih dekat dengan dunia seni.

“Tujuan kita sebenarnya untuk apresiasi, biar masyarakat di sekitar sini mengerti dan memahami apa itu seni rupa, khususnya seni lukis. Di sini mereka bisa melihat dan tahu karena di sini ada workshop. Jadi, mereka bisa melihat bagaimana proses membuat karya dari awal sampai akhir,” kata Iswo. Jum’at, (16/8/2019).

Ratusan lukisan dengan berbagai tema pun rencananya akan dipamerkan didalam acara tersebut dengan tujuannya agar masyarakat mengetahui lebih dalam terhadap karya-karya seni yang dipajang di sana.

“Ada sekitar ratusan lukisan yang akan dipamerkan. Masyarakat nantinya bisa melihat berbagai macam karya yang dipajang di sini dan bertanya mengenai macam-macam gaya, cara berpikir dari berbagai sudut pandang dalam lukisan-lukisan tersebut. Karena kegiatan ini baru pertama, jadi mungkin masyarakat belum banyak yang tahu atau mungkin masih awam terhadap seni,” ungkap Iswo.

Iswo berharap masyarakat banyak yang bertanya, karena nantinya juga ada diskusi-diskusi non formal untuk mendekatkan mereka kepada seni. Sehingga akan lebih mendekatkan seni kepada masyarakat, khususnya para pelajar.

“Setidaknya sudah ada upaya untuk memulai mendekatkan seni kepada masyarakat umum. Dengan menumbuhkan cinta kesenian, karena lukisan-lukisan ini erat kaitannya dengan lingkungan yang dialami setiap hari,” lanjutnya.

Pameran-pameran seni sebaiknya bisa masuk kampung, tidak hanya di galeri-galeri atau mall saja, supaya masyarakat pedesaan bisa tahu dan bisa merasakan secara langsung sekaligus memahami bagaimana proses berkarya dengan seni lukis. (Gust)

Harian Brebes

LEAVE A REPLY