Desa Pebatan Meraih Juara Pertama Dalam Lomba Desa Tingkat Kabupaten Brebes

Brebes, HarianBrebes.com,- Bersaing dengan empat Desa lainnya yang mewakili desa-desa di Kecamatan masing-masing, Desa Pebatan yang mewakili 19 desa lainnya di Kecamatan Wanasari mampu mengunggulkan potensi desa yang dimilikinya.

Berkat usaha dan semangat pemerintah juga masyarakatnya, Desa Pebatan berhasil meraih juara satu dalam Lomba Desa Tingkat Kabupaten Brebes Tahun 2019.

“Alhamdulillah hari ini, Pebatan mendapatkan kepercayaan dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Brebes utamanya dari Bupati Brebes yang sudah menyerahkan langsung tropi dan piagam penghargaan juara satu lomba desa tingkat Kabupaten Brebes kepada Desa Pebatan” kata Sekretaris Desa Pebatan, Otong Nurjaman usai penyerahan tropy dan piagam penghargaan di Aula Pendopo Kabupaten Brebes dalam acara Resepsi Kenegaraan Memperingati HUT ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia. Sabtu, (17/8/2019) malam.

Semangat dan keikhlasan berjuang merupakan modal utama bagi Otong beserta perangkat desa yang lain disertai dengan masyarakat Desa Pebatan untuk terus belajar dan berinovasi demi kemajuan desa dan masyarakatnya.

Otong menjelaskan ada beberapa keunggulan yang dimiliki Desa Pebatan, diantaranya penguasaan Administrasi dan Teknologi Informasi (TI), penerapan tata kelola pemerintahan desa.

“Untuk data kependudukan, monografi, dan administrasi desa kami menggunakan aplikasi open Sistem Informasi Desa (SID) dan Prodeskel. Kedepan Desa Pebatan juga akan memanfaatkan media informasi dan komunikasi masyarakat atau komunitas secara online,” lanjutnya.

Selain itu, Otong berharap dengan meraih juara satu dalam Lomba Desa Tingkat Kabupaten Brebes, Desa Pebatan ke depan bisa mempertahankan juara satu kembali dan SDM perangkat Desanya lebih meningkat lagi, serta Desanya dapat lebih tertata kembali baik dari segi pembangunannya, kewilayahannya maupun kemasyarakatannya.

“Saya berharap, kedepan Desa Pebatan bisa bertahan sebagai juara satu, dan SDM perangkat serta masyarakat Desa Pebatan lebih unggul agar bisa menerapkan teknologi di berbagai bidang,” harapnya.

Seperti halnya yang disampaikan Bupati Brebes, Idza Priyanti dalam sambutannya yakni mengajak kepada masyarakat untuk turut mengikuti perkembangan zaman utamanya dalam penggunaan teknologi agar dapat meningkatkan kreativitas dan inovasi guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Kita butuh ilmu pengetahuan dan teknologi yang bisa membuat kita melompat jauh melampaui bangsa lain. Kita butuh SDM yang lebih unggul, kita butuh inovasi-inovasi yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” ucap Idza.

Masyarakat Desa harus punya mindset yang lebih luas, lebih produktif, untuk meningkatkan kesejahteraan di desanya, karena tujuan dari lomba desa itu evaluasi tentang pemerintahan, kewilayahan dan kemasyarakatan. Desa Pebatan diharapkan juga bisa menjadi pelopor bagi desa-desa yang lain. (Gust)

Harian Brebes

LEAVE A REPLY