27 Tahun Berlalu, PDAM Kini Berubah Jadi Perumda Air Minum Tirta Baribis

Brebes, HarianBrebes.com,- Sejalan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia yang mengatur tentang badan usaha maupun perusahaan milik daerah, Pemerintah Daerah diberi ruang untuk mengganti bentuk ataupun wajah baru agar lebih meningkatkan kinerja perusahaan dan pelayanan kepada pelanggan. Demikian halnya dengan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Brebes berganti menjadi Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum dengan nama Tirta Baribis.

Demikian, seperti halnya yang disampaikan oleh Direktur Perumda Air Minum Tirta Baribis Karmai Widiastuti SE saat Peresmian Perumda Air Minum Tirta Baribis di halaman kantor setempat, Rabu (28/8).

“Berdasarkan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia nomer 54 tahun 2017, tentang BUMD, bahwa setiap BUMD memiliki wewenang untuk mengubah bentuk baru, baik itu Perumda atau Perusda. Demi membangun BUMD yang transparan dan tata pengelolaan perusahaan yang baik,” ucap Karmai.  

Dikatakan Karmai, pemerintah pusat telah mendorong perusahaan agar bisa dikelola dengan prinsip yang profesional dan berdampak pada masyarakat. Meski banyak faktor yang harus dibenahi seperti faktor teknik SDM dan faktor lainnya, harus benar-benar dipersiapkan.

“Sesuai tugasnya, yaitu melajukan usaha di bidang perusahaan air minum bagi kemanfaatan umum serta meningkatkan perekonomian daerah. Kami siap memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat,” tekad Karmai.

Terkait lambang dan nama baru, jelas Karmai, Baribis diambil dari salah satu nama gunung di Kabupaten Brebes yang menjadi sumber mata air yang digunakan untuk memenuhi pasokan air minum di wilayah Kabupaten Brebes.

“Saat ini ada sekitar 12 persen kebutuhan air minum telah terpenuhi, Insya Allah, lima tahun ke depan akan menaikan prosentasi dua kali lipat,” beber Karmai.

Untuk mengoptimalkan dan melayanai kebutuhan air minum masyarakat Bumiayu, Tonjong dan Bantarkawung, lanjut Karmai, pihaknya akan membangun sumber mata air di Desa Sridadi Kecamatan Sirampog, dengan kapasitas 200 liter perdetik dan 16 ribu sambungan rumah.

“Selain itu, kami akan membangun sumur dalam dengan kapasitas masing-masing 10 liter perdetik di Desa Bojongsari Kecamatan Losari, serta wilayah Ketanggungan dan Wanasari,” tambah Karmai.

Bu Ii, demikian sapaan akrab Karmai Widiastuti berharap, terkait diluncurkannya bentuk baru perusahaan tersebut, agar ke depan perusahaan yang dipimpinnya bisa lebih maksimal dan profesional dalam melayani masyarakat.

Peresmian dilakukan Bupati Brebes Hj Idza Priyanti SE MH, dengan pengguntingan utaian melati serta pembukaan tirai tampilan wajah baru Perumda Air Minum Tirta Baribis.

“Mari kita semua memanjatkan doa, mengungkapkan rasa syukur sekaligus meminta berkah agar Perumda Air Minum Tirta Baribis dapat memperkuat kelembagaan Perumda, dengan  meningkatkan kualitas sumber daya manusia untuk mewujudkan profesionalisme dan produktifitas yang tinggi,” kata Idza.

Idza mengungkapkan, 27 tahun sudah perjalanan PDAM Brebes dalam melayani masyarakat, sudah selayaknya membawa seluruh elemen di dalamnya semakin dewasa  dan semakin profesional. Melalui pembenahan yang menyeluruh, baik dalam hal teknis, pengelolaan, pelayanan maupun pembinaan SDM.

“Saya yakin perusahaan ini, dapat menjadi perusahaan yang profesional dan berwawasan lingkungan, serta senantiasa ikut aktif berpartisipasi dalam kelestarian lingkungan, dalam bentuk penanaman pohon pada wilayah-wilayah sumber air baku,” kata Idza.

Idza berharap, Perumda Air Minum Tirta Baribis bisa segera bekerja sama dengan pihak perbankan maupun aplikasi-aplikasi pembayaran, agar pembayaran tagihan dapat dilakukan secara online.

Hadir pada peresmian tersebut perwakilan PDAM Kota Tegal Anton Johari, PDAM Kabupaten Tegal Ajie, para Kepala OPD Brebes, camat se Kabupaten Brebes, serta mitra Perumda dan Perusda se Kabupaten Brebes. (Hms/Gust)

LEAVE A REPLY