Mantan Kapolres Brebes, Firli Bahuri Jadi Ketua KPK 2019-2023

Jakarta, Harianbrebes.com,- Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia mengelar rapat pleno berkaitan dengan Calon Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk periode 2019-2023, di Gedung DPR, Jakarta. Jumat (13/9/2019).

Ketua Komisi III DPR RI, Aziz Syamsudin mengatakan berdasarkan diskusi dan musyawarah dari seluruh fraksi yang hadir, mereka telah sepakat untuk memilih ketua KPK masa bakti 2019-2023.

“Menyepakati untuk menjabat pimpinan ketua Komisi Pemberantasan Korupsi sebagai Ketua adalah saudara Firli Bahuri,” kata Aziz.

Adapun empat nama pimpinan lainnya yang disebut Wakil Ketua KPK yaitu Alexander Marwata, Nawawi Pomolango, Lili Pintauli Siregar, dan Nurul Ghufron.

Sebelumnya, ada 10 calon pimpinan KPK yang mengikuti uji kelayakan dan kepatutan. Saat itu, Firli tampak menyoroti soal pencegahan korupsi, menjelaskan visi-misi sekaligus strateginya dalam memberantas korupsi.

“Dalam rangka melakukan pencegahan kita ingin membangun generasi berkarakter,” ucap Firli.

Terkait strateginya dalam memberantas korupsi, dia mengatakan akan fokus kepada pelaksanaan good government, clean governance. Kemudian terkait pengembalian kerugian negara, menurutnya itu bagian terpenting dari agenda pemberantasan korupsi. 

“Karena tujuan penegakan hukum dalam pemberantasan korupsi tidak hanya memasukkan orang dalam penjara,” tandasnya.

Tapi hal yang terpenting, kata Firli, adalah bagaimana kita bisa mengurangi kerugian negara, kerugian keuangan negara, kerugian perekonomian negara

Setelah uji kelayakan dan kepatutan, sebanyak 56 anggota Komisi III langsung menggelar voting. Mereka memilih 5 dari 10 calon pimpinan KPK dengan suara terbanyak. Dan hasilnya, Firli yang pernah menjabat Kapolres Brebes (2007) ini memperoleh 56 suara. (*/Gust).

Harian Brebes

LEAVE A REPLY