Dari Papua, Guru Asal Brebes Tiba Dirumahnya

Brebes, Harianbrebes.com,- Saat di Papua, Heman Aji Prasetyo merupakan salah satu warga pendatang yang mengungsi sejak terjadi kerusuhan di Wamena beberapa waktu lalu. Hingga sepekan berlindung dipengungsian, akhirnya Herman dipulangkan ke kampung halamannya.

Sebagai guru, Herman yang mengajar di SMP Negeri Pirime, Papua ini hanya menempati kontrakan tepatnya di Lany Jaya, Kabupaten Jaya Wijaya, Papua. Saat terjadi kerusuhan di Wamena, Herman meninggalkan kontrakannya itu hanya dengan membawa berkas-berkas penting dan laptop menuju pengungsian.

“Setelah meninggalkan kontrakan, saya bersama warga lainnya sempat berlindung di Masjid Al-Aqsa selama seminggu,” kata Herman, Senin,(7/10) malam.

Herman yang berkeinginan untuk pindah mengajar di Brebes menjelaskan, setelah sepekan tinggal dipengungsian kemudian dirinya menunggu pesawat di Bandara selama 3 hari. Kepulangan menuju Kabupaten Brebes, ungkapnya, atas biaya dan bantuan dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Brebes.

“Intinya peristiwa yang saya alami disana, meninggalkan trauma. Terima kasih kepada Pemkab Brebes, terutama Dinsos Brebes atas fasilitasi pemulangan, dari mulai tiket penerbangan, penjemputan di bandara semarang, hingga sampai rumah,” imbuh Herman.

Herman bersama Suharjo dan Warudin.

Hal itu, dibenarkan Suharjo yang merupakan Seksi Penanggulangan Fakir Miskin dan Korban Bencana Dinsos Brebes. Dia mengatakan, kepulangan Herman itu atas bantuan dari Pemkab Brebes melalui Dinas Sosial.

“Ya, Dinsos Brebes membelikan tiket penerbangan, penjemputan, hingga sampe rumahnya,” ungkapnya.

Selain itu, Kepala Seksi Kelembagaan Dan Data Dinsos Brebes, Warudin yang turut menjemput Herman di Bandara Ahmad Yani Semarang mengatakan, Herman berangkat sejak tanggal 7 Oktober 2019, sekitar pukul 07.00 WIT,  menggunakan Pesawat Lion Air menuju Semarang.

“Sekitar pukul 20.45 WIB, Herman sampai di Bandara Ahmad Yani Semarang dan langsung kami jemput, kemudian berangkat menuju ke Brebes,” ujar Warudin.

Sekitar pukul 23.50 WIB, Herman tiba dirumahnya di Desa Janegara RT 09/RW 03, Kecamatan Jatibarang, Kabupaten Brebes. Sanak keluarganya pun menjambut Herman dengan hangat. (Gust)

LEAVE A REPLY