Dua Nelayan Temukan Perahu Tanpa Awak Di Perairan Tegal

Brebes, Harianbrebes.com,- Warga Desa Prapag Kidul, Kecamatan Losari Kabupaten Brebes digegerkan dengan penemuan perahu motor tanpa awak yang terombang-ambing ditengah perairan Jongor, Kabupaten Tegal. Perahu tersebut, diketahui milik Warsum (45) asal Desa Prapag Kidul RT. 005 RW.006, Kecamatan Losari, Kabupaten Brebes.

Kepala Desa Prapag Kidul, Ela Sugiarto yang mendapatkan informasi tersebut, mengatakan saat ditemukan perahu milik Warsum dalam keadaan kosong. Dan saat dicari, warsum juga tidak diketahui keberadaannya hingga sekarang.

“Perahu tersebut ditemukan pertama kali oleh dua orang nelayan, Rohman dan Tono yang mencari ikan di perairan yang sama,” kata Ela.

Kedua nelayan itu, lanjutnya, menemukan perahu Warsum yang dalam keadaan kosong dan terombang ambing ditengah Perairan Jongor, yang jaraknya sekitar tiga jam dari Pancer Desa Prapagkidul.

“Selain itu, Warsum yang biasa mencari ikan mengunakan perahu itu juga tidak diketahui keberadaannya,” ungkapnya.

Mengetahui hal itu, pihaknya langsung menginformasikan kejadian tersebut kepihak yang berwajib. Bahkan, saat ini sejumlah warga dibantu Polisi Air (Polair) dan Udara (Polairud) sudah melakukan pencarian.

“Belum tahu persis kejadiannya seperti apa. Yang jelas, biasanya satu perahu itu ada dua orang yang mencari ikan. Tapi, kebetulan ini hanya Warsum yang belum ada kabarnya,” tuturnya.

Disisi lain, Kapolsek Losari, AKP Suraedi mengaku sudah menerima informasi kejadian tersebut. Dari keterangan yang diperoleh dari warga setempat, Warsum berangkat melaut pada Selasa, (8/10) sekitar pukul 03.00 WIB.

Dengan mengunakan perahu jenis sopek, Warsum biasanya melaut untuk mencari teripang bola. Sekitar pukul 13.00, dua nelayan asal Desa Prapag Kidul melihat perahu itu melaju tanpa kendali dalam kondisi jaring tertebar.

“Saat ditemukan mesin kapal dalam keadaan menyala dan jaring tertebar. Dugaan sementara, Warsum tenggelam akibat tersangkut jaring,” katanya.

Hingga berita ini diturunkan, keberadaan Warsum belum ada titik terang. Bahkan petugas gabungan dengan menggunakan perahu milik Tim SAR dan Polairud Brebes masih melakukan pencarian disekitar perairan Jongor, Kabupaten Tegal. (Gust)

LEAVE A REPLY