Ratusan Kepsek SD Dan SMP Di Brebes Ikuti Pelatihan Jurnalistik

Brebes, Harianbrebes.com,- Ratusan Kepala Sekolah SD dan SMP se Kabupaten Brebes mengikuti pelatihan jurnalistik, Senin,(7/10) di aula SMP Negeri 2 Brebes.

Pelatihan dibuka Wakil Bupati Brebes, Narjo yang didampingi Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Brebes, Tahroni beserta jajaran Perwakilan Suara Merdeka Pantura.

Bupati Idza Priyanti SE MH dalam sambutan tertulis yang dibacakan Narjo mengatakan, Kepala Sekolah sebagai pemimpin tertinggi di sekolah harus memiliki kemampuan lebih yang dapat menunjang kinerjanya. Salah satu kemampuan yang harus dimiliki Kepala Sekolah adalah kemampuan menulis.

“Kepala Sekolah tidak hanya menjadi leader atau pemimpin bagi Guru dan Murid, tapi lebih dari itu Kepala Sekolah harus pandai menyikapi fenomena maupun kejadian yang ada dilingkungan kerjanya,” tegasnya.

Kiprah Suara Merdeka dalam dunia jurnalistik, kata Idza, tidak dapat diragukan lagi. Untuk itu, dirinya berpesan agar Kepala Sekolah selaku Peserta Pelatihan dapat dengan seksama dan serius mendengarkan dan menyimak apa saja yang disampaikan Narasumber.

Wartawan Senior Suara Merdeka Rony Yuwono selaku Narasumber menyampaikan, pada dasarnya semua orang bisa menulis dan membuat sebuah berita. Hanya saja yang menjadi persoalan adalah yang bersangkutan mau atau ogah menulis.

“Sekolah merupakan salah satu sumber informasi dan berita. Sehingga tidak jarang sekolah sekolah sering di datangi wartawan maupun yang hanya mengaku ngaku sebagai wartawan,” ujarnya.

Dengan pembekalan jurnalistik, lanjutnya, Kepala Sekolah akan memahami seluk beluk tentang dunia jurnalistik yang di dalamnya juga termasuk cara mengenali wartawan sungguhan dengan oknum yang hanya mengaku ngaku sebagai wartawan.

“Dengan dikuasainya ilmu jurnalistik, para Kepala Sekolah, bisa menulis sendiri berita yang ada di lingkup sekolahnya untuk kemudian bisa dikirimkan ke semua media yang ada,” tandasnya. (Hms/Gust).

LEAVE A REPLY