HUT Ke 59, Karang Taruna Gelar Jambore Seribu Pemuda

Brebes, Harianbrebes.com, – Pengurus Karang Taruna Kabupaten Brebes akan menggelar Jambore Seribu Pemuda, yang akan diikuti seluruh pemuda karang taruna tingkat desa di Kabupaten Brebes. Jambore itu digelar dalam rangka Bulan Bhakti Karang Taruna yang dilaksanakan untuk memperingati Hari Ulang Tahun ke 59 tahun.

Kegiatan yang akan digelar dalam bentuk rekreasi edukatif di alam terbuka dalam bentuk perkemahan sebagai sarana pembinaan Karang Taruna Desa. Tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan kemandirian, kepemimpinan, keterampilan warga Karang Taruna serta memiliki komitmen terhadap penghayatan dan pengamalan Kesetiakawanan Sosial.

“Kegiatan akan dilaksanakan selama 2 hari dimulai sejak tanggal 27-28 Oktober di wisata waduk Malahayu Kecamatan Banjarharjo. Jambore Seribu Pemuda ini mengusung tema, Pemuda Mandiri untuk NKRI,” kata Sekretatis Karang Taruna Kabupaten Brebes, Akmari, Senin (21/10).

Dia menuturkan, jambore ini digelar dengan permainan, diskusi dan workshop, yang di antaranya sosialisasi pembentukan bank sampah, memulai usaha ekonomi produktif dan UMKM, bhakti sosial penanaman pohon dan pembagian sembako. Serta bedah Undang-undang Desa dan upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda tingkat Kabupaten Brebes.

“Harapan kami pemerintah desa bisa mengirimkan pengurus karang taruna sebagai peserta dalam kegiatan tersebut, sehingga karang taruna dapat membantu meningkatkan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat di desa,” tuturnya.

Ketua Karang Taruna Brebes, Syaefudin Tritosanto yang akrab dipanggil Asef mengatakan, banyak yang telah dilakukan oleh karang taruna Kabupaten Brebes selama ini. Tetapi tantangan ke depan tentunya akan lebih besar dan berat. Tanpa kerjasama dan kordinasi yang dilakukan semua pihak akan terasa sulit mewujudkan Kabupaten Brebes sesuai dengan yang telah dicita-citakan bersama.

“Tanpa kerjasama dan kordinasi yang dilakukan semua pihak akan terasa sulit mewujudkan Kabupaten Brebes sesuai dengan yang telah dicita-citakan bersama yaitu Kabupaten yang mampu mensejahterakan seluruh masyarakatnya. Ini juga melibatkan para pemuda karang taruna tingkat desa,” katanya.

Menurut dia, sebagai organisasi kumpulan pemuda hendaknya mampu memberikan lapangan pekerjaan, meningkatkan taraf ekonomi dan juga pendidikan warganya, bermoral, berakhlak mulia, berprilaku santun, berbudi luhur serta mampu mengoptimalkan kearifan lokal untuk kemajuan pemuda.

“Oleh karena itu marilah bersama kita melangkah untuk melakukan yang terbaik bagi peningkatan setiap aspek yang antara lain peningkatan keadilan, peningkatan kesejahteraan dan peningkatan budaya organisasi yang santun,” pungkasnya. (Gust)

LEAVE A REPLY