Petis Runting Makanan Khas Pati Jawa Tengah

12
441
Petis Runting khas Kabupaten Pati. Foto: Harianjateng.com.

Siapa yang belum tahu Petis Runting Makanan Khas Pati Jawa Tengah? Makanan ini sangat maknyus dan menggoyang lidah. Sebenarnya, makanan khas Jawa Tengah tidak hanya di Kabupaten Pati saja, namun daerah lain juga, seperti makanan khas Kudus, makanan khas Blora, makanan khas Jepara, makanan khas Rembang, makanan khas Demak, makanan khas Grobogan, makanan khas Kota Semarang dan makanan khas lain di Jawa Tengah.

Selain makanan khas Pati seperti Nasi Gandul, Iwel-iwel, kelapa kopyor, Kabupaten Pati juga Petis Runting yang sangat mengoyang lidah dan maknyus di lidah. Bagi warga Pati, warga Blora, warga Kudus, warga Jepara, warga Demak, warga Rembang, warga Grobogan, dan umumnya Jawa Tengah tentu akan tertarik dan mengatakan “waw” ketika menikmati Petis Runting khas Kabupaten Pati.

Sebenarnya, siapa saja bisa menikmati Petis Runting, namun harus tahu dulu sebelum mencicipi dan menikmati makanan khas Bumi Mina Tani ini. Untuk itu, Anda harus tahu apa itu Petis Runting Pati, berapa harga Petis Runting Pati dan bisa didapatkan di mana Petis Runting Pati.

Menjamah Petis Runting Pati

Petis Runting Pati adalah salah satu makanan khas Pati. Petis Runting Pati adalah salah satu bentuk makanan atau petis dengan variasi masakan daging kambing yang hampir sama dengan gulai. Perbedaanya yaitu petis kambing dicampur tepung beras dan rebusan daging.

Petis Runting Pati, bagi warga Pati biasa dimakan “lawaran” atau tanpa nasi. Akan tetapi, sebenarnya Petis Runting Pati bisa dijadikan lauk-pauk dan mejadi teman nasi saat makan. Namun bagi yang terbiasa, sebenarnya Petis Runting Pati bisa dimakan tanpa nasi dengan dinikmati dengan kerupuk, es teh, dan makanan yang lain.

Harga Petis Runting Pati sebenarnya sangat murah-meriah, dan bisa dibeli dari semua kalangan. Mulai dari petani, guru, tukang batu sampai PNS dan pejabat tinggi. Berapa sih harga Petis Runting Pati? Nah, harga Petis Runting Pati mulai dari Rp. 5.000, Rp. 7.000 bahkan Rp. 10.000. 

Akan tetapi, tiap warung di Pati yang menjual Petis Runting berbeda dan memiliki standar harga tersendiri. Anda harus bisa berpikir, kualitas rasa juga menentukan harga yang dipatok oleh para penjual Petis Runting khas Pati.

Para penjual Petis Runting khas Pati, jika menjual Petis Runting dengan harga Rp. 10.000, yang didapatkan biasanya sudah lengkap, yaitu meliputi sate, kikil, telinga, lidah, atau tambahan lainnya seperti kerupuk dan cemilan lain. Kalau petis yang dijual secara sederhana hanya dengan sepotong balungan sapi atau kambing, biasa dijual dengan harga Rp 1.000 saja per porsi.

Tempat penjual Petis Runting Pati secara umum dijual di Kabupaten Pati. Akan tetapi, gudang Petis Runting khas Pati ya ada di Desa Runting, Desa Payang dan juga di sebelah timur Desa Runting yaitu Desa Gadungan Kabupaten Pati.

Selain di desa-desa itu, Anda juga bisa mendapatkan Petis Runting Pati di sekitar Jalan Raya Pati-Runting atau Anda bisa membelinya di  sekitar SMA/SMK Muhammadiyah Pati, jalan masuk sekitar Desa Payang, BMT Fastabiq dan sekitar Jalan Raya Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Pati.

Apakah Anda tertarik dengan Petis Runting Pati? Silahkan datang dan nikmati Petis Runting khas Kabupaten Pati. Selain maknyus, Petis Runting Pati juga murah meriah dan merakyat.

(Laporan Kuliner Harian Jateng).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here