Manfaat Memakai Batu Akik adalah Tambah Cakep

1
67


Semarang, Harianjateng.com – Selain diyakini menambah aura dan wibawa, ternyata manfaat memakai batu akik adalah tambah cakep. Menurut Umar Satrio Hadi, pecinta batu akik di Semarang, Jawa Tengah, memakai batu akik menambah dimensi baru dalam hidup. “Filsafat cuma menawarkan 3 hal, yaitu logika, etika dan estetika. Tapi memakai batu aki, jelas menambah cakep bagi pemakainya,” jelas Umar, Minggu (26/4/2015). 
Menurut pria berambut grondrong tersebut, batu akik memiliki nilai seni yang tinggi. Maka tak heran, saat terjadi demam batu akik di Jateng, banyak orang memburu batu akik Semarang, batu akik Kendal, batu akik asli Solo, batu akik khas Demak, batu akik khas Purbalingga, batu akik Banyumas, batu permata di Kudus, batu akik Pati, batu akik Rembang, batu akik Blora dan sebagainya di Jateng.
Menurut Umar, ganteng itu horizontal, tampan itu horizontal dan vertikal. “Tapi, ada aspek spiritual dalam ketampanan,” ujar dia.
Selama ini, adagium batu akik bertuah memang masih diyakini masyarakat. Namun ada juga yang meyakini batu adalah batu, namun batu permata tentu beda dengan batu biasa. Maka dengan memakai batu permata atau sering disebut batu akik tersebut, banyak orang meyakini hal itu bisa menambah kharisma dan kewibawaan. 
Zaman dulu, kata Umar, orang Jawa yang laki-laki, terutama Jogjakarta, Solo dan di Dieng mainan mereka adalah batu akik dan burung. (Baca juga: Batik dari Luar Negeri Dipamerkan di Semarang).
“Burung itu pertanda lelaki sejati. Sama seperti batu akik yang berarti kewibawaan, sama juga ayam juga pertanda kegagahan,” jelas aktivis Semarang tersebut.
Manfaat memakai batu akik, saat ini tentu diyakini pecinta batu akik di Jateng. Seperti pecinta batu akik Semarang, pecinta batu akik Kendal, kolektor batu akik Magelang, kolektor batu akik Tegal, pecinta batu akik Batang dan di seluruh Jateng. 
Selaku pecinta batu akik, Umar juga mengakui tidak semua orang mencintai batu akik. Namun baginya, hal itu adalah pilihan dan bergantung sudut pandang pemahaman yang digunakan. (Red- Harian Jateng/HJ43/Foto: Afif).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here