Jelang Puasa Ramadhan 2015, Formaci Jateng Akan Gelar Pesantren Jurnalistik

6
74


Semarang, Harianjateng.com – Menjelang bulan suci Ramadhan 2015, Forum Muda Cendekia (Formaci) Jateng akan menggelar pesantren jurnalistik bagi pelajar dan mahasiswa. Hal itu diungkapkan M Shofi Falikul Isbach, S.Sos.I selaku Bendahara Umum Formaci Jateng. 
Menurut aktivis NU tersebut, bulan suci Ramadhan yang sudah di depan mata akan menjadi momentum penting untuk membangkitkan spirit jurnalistik bagi pelajar dan mahasiswa. “Nanti kami akan menggelar pesantren jurnalistik, dengan menghadirkan berbagai pemateri, ada yang dari penerbitan, wartawan, penulis buku dan akademisi di bidang penyiaran serta jurnalistik,” tukas sarjana tersebut, di Semarang. 
Kegiatan bulan puasa Ramadhan, biasanya diramaikan dengan kegiatan mengaji, tadarus, diskusi, namun Formaci Jateng nanti akan menggelar pesantren yang konsen mengkaji dunia jurnalistik. “Ya materinya seputar konsep dan teknik menulis berita, feature, cara menulis artikel di media massa, dan juga teknik menulis puisi dan juga cerpen,” beber dia, Senin (27/4/2015).

Menurut Shofi, kegiatan Ramadhan Formaci Jateng 2015 tidak mau kalah dengan kegiatan Ramadhan MUI Jateng, kegiatan Ramadhan NU Jateng, kegiatan Ramadhan Muhammadiyah Jateng, kegiatan Ramadhan HMI Jateng, kegiatan Ramadhan IMM Jateng, PMII Jateng, KNPI Jateng dan ormas atau lembaga lain yang menggelar kegiatan Ramadhan di tahun 2015 ini.

Sesuai rencana, Formaci Jateng menurut Shofi akan menggandeng beberapa media, seperti Harian Jateng, Islam Cendekia, Harian Blora, Direktori Pati, juga Lentera Aksara, wartawan Koran Muria dan Kompas, serta dari KPI Jawa Tengah. “Kami nanti juga akan membahas cara dan metode peliputan televisi, rencana kami akan menggandeng Walisongo TV dan juga Cakra Semarang TV,” kata dia.
Pokoknya, katanya, semua mahasiswa di Jawa Tengah kami harap mengikuti agenda besar tersebut. Rencana kegiatan, menurut Shofi akan dilaksanakan selama 1 minggu di tengah bulan puasa 2015 nanti. “Soalnya ini sudah bulan Rajab, sebentar lagi kan sudah Ruwah dan lanjut bulan Puasa,” pungkasnya. (Red-Harian Jateng/HJ64/Foto: Harian Jateng).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here