Makam RA Kartini Sepi Usai Peringatan Hari Kartini 2015

0
218


Makam R.A Kartini tampak sepi, Kamis (30/4/2015).
Rembang, Harianjateng.com – Makam Raden Ajeng Kartini tampak sepi setelah peringatan Hari Kartini 2015 beberapa waktu lalu. Makam yang terletak di Kabupaten Rembang, Jawa Tengah ini selalu ramai dikunjungi para wisatawan, tokoh nasional, pejabat negara, menteri, gubernur, bupati dan masyarakat pada umumnya. 
Tak hanya Makam R.A Kartini saja yang menjadi pusat perhatian masyarakat Indonesia, namun puisi R.A Kartini, sejarah R.A Kartini, R.A Kartini Habis Gelap Terbitlah Terang, riwayat hidup R.A Kartini, perjuangan RA Kartini, keluarga RA Kartini biodata RA Kartini bahkan stigma dan dugaan RA Kartini Yahudi juga menjadi isu dan sorotan masyarakat. (Baca juga: Festival Hari Kartini Pantas Jadi Agenda Nasional).
Pada Kamis (30/4/2015), makam yang berada di lokasi Desa Bulu, Kecamatan Bulu, Kabupaten Rembang atau terletak 17,5 Km ke arah selatan Kota Rembang ini, dari pantauan Harian Jateng tampak sepi dari peziarah. Padahal, pada saat peringatan Hari Kartini 2015 kemarin, puluhan bus dan mobil serta motor memadati lokasi Makam RA Kartini yang berada di Jalan Raya Rembang-Blora tersebut.
Hari Kartini yang jatuh pada 21 April 2015 kemarin, menjadikan Makam RA Kartini di Rembang tersebut ramai dikunjungi berbagai elemen masyarakat dan pejabat pemerintah. Makam yang berada di Rembang tersebut, juga ada makam suami dan putra satu-satunya RA Kartini. Tak hanya itu, di Makam RA Kartini tersebut juga terdapat makam keluarga Bupati Rembang pada masa Kepemimpinan R.M.A.A. Djoyodiningrat. 
Dalam sejarahnya, pada tahun 1904 RA Kartini wafat dan kemudian dimakamkan di Bulu Rembang tersebut. Tiap tahun, Makam RA Kartini sangat ramai saat peringatan Hari Kartini. Dipastikan, peringatan Hari Kartini 2016, Hari Kartini 2017, Hari Kartini 2018, Hari Kartini 2019, Hari Kartini 2020, bahkan peringatan Hari Kartini 2015, Makam RA Kartini akan tetap ramai dikunjungi masyarakat. (Red-Harian Jateng/HJ47/Foto: Harinjateng.com).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here