Pameran Batu Akik Purwakarta 2015 Pemarkan Batu Akik Baci Khas Purwakarta

0
104


Pameran batu akik di Purwakarta.

Purwakarta,Harianjateng.com – Demam batu akik di Jawa Tengah kini mulai merambah di Purwakarta. Di sana, digelar pameran batu akik Purwakarta yang memamerkan batu akik baci khas Purwakarta yang akan berakhir 4 Mei 2015 nanti. Dipastikan, Purwakarta dan wilayah lain di Jawa Tengah akan menggelar pameran batu akik tahun 2016, pameran batu akik 2017, bahkan pameran batu akik 2018, 2019 dan 2020.

Festival batu akik di Purwakarta tersebut, digelar sejak Selasa (28/4/2015) dan berakhir  4 Mei 2015 mendatang. Festival batu akik tersebut ramai digeruduk warga yang ingin mengetahui dan memiliki batu akik yang dipamerkan di lokasi festival yaitu di Jalan Suradireja Nomor 8 Purwakarta, sekitar Kebon Jahe. (Baca juga: Manfaat Memakai Batu Akik adalah Tambah Kaya).
Tak berbeda dengan pameran batu akik di kabupaten lain, pameran batu akik di Purwakarta ini juga memamerkan batu akik dari berbagai daerah di Jawa Tengah. Seperti batu akik khas Kendal, batu akik khas Purbalingga, batu akik khas Wonogiri dan sebagainya di wilayah Jawa Tengah.
Selain itu, ada juga batu akik khas Pati, batu akik Blora, batu akik khas Rembang dan sebagainya yang dipamerkan di Purwakarta tersebut. Tak hanya batu akik jenis Bacan, Pancawarna, Kalimaya, Merah Delima, Jalasutra dan lain sebagainya, tapi juga ada penyajian batu akik yang berasal dari daerah Purwakarta yaitu batu akik Baci sebagai salah satu potensi batu akik khas Purwakarta tersebut.

Di lokasi pameran tersebut, ada sekitar 45 stand dibuka dan memamerkan berbagai batu akik dan bermacam-macam jenisnya.Akan tetapi, yang paling menarik adalah pada salah satu stand yang dibuka. Hampir semua mata tertuju pada salah satu stand Kedai Bacan Bandoeng (KBB) milik H. Bagas asal Cimahi. Di Stand KBB itu dipajang berbagai jenis batu akik bacan termasuk bahan mentah batu bacan.

Sebab, di stand tersebut terdapat bahan batu bacan bluish green ukuran sekitar 1 kilogram yang ditawarkan dengan harga Rp 150 juta. Batu bacan atau Chrysocolla ialah batu permata asli dari pulau Bacan, Kabupaten Halmahera Selatan, Provinsi Maluku Utara. Saat ini batu bacan doko lagi ngetrend di berbagai daerah, harganya yang terbilang cukup mahal.

Pameran batu akik di Purwakarta ini turut mengangkat potensi lokal di Purwakarta. Selain itu, pameran batu akik  di Jawa Tengah juga turut mengampanyekan potensi lokal di daerah masing-masing. Seperti halnya dengan pameran batu akik Kota Semarang, pameran batu akik Kendal, pameran batu akik Salatiga, pameran batu akik di Kudus, pameran batu akik  di Magelang, pameran batu akik di Blora, pameran batu akik di Demak, pameran batu akik di Grobogan dan pameran batu akik di wilayah Jawa Tengah pada umumnya. (Red-Harian Jateng/HJ59/Foto: Republika).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here