Ayo Kunjungi Pameran Batu Akik di Wonogiri Jawa Tengah

15
74


Wonogiri, Harianjateng.com – Jika Anda penggemar, kolektor, pecinta batu akik, ayo kunjungi Pameran Batu Akik di Wonogiri Jawa Tengah yang digelar mulai 7 Mei 2015 sampai 11 Mei 2015 yang digelar di Hall Tennis Indoor Giri Purna Bhakti, yaitu kompleks GOR Giri Mandala Wonogiri, Jateng.(Baca juga: Manfaat Memakai Batu Akik adalah Tambah Kaya).

Pameran batu akik terbaru ini dilaksanakan dalam rangka Hari Jadi Wonogiri ke-274 yang mengusung berbagai batu akik di Jawa Tengah, seperti batu akik Wonogiri, batu akik Wonosobo, batu akik Purbalingga, batu akik Klaten, batu akik Magelang, batu akik Jepara, batu akik Kudus, batu akik Semarang, batu akik Pati, batu akik Brebes, batu akik Tegal dan sebagainya. Agenda pameran batu akik ini dirangkai dalam Wonogiri Bupati Gems Award 2015 yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Wonogiri dengan merangkul EO yang melaksanakan pameran batu akik yang saat ini sedang demam.

Ketua Panitia Pameran Festival Permata Nusantara, Agustono Dwi Rachadi menjelaskan bahwa setelah sukses di beberapa kota-kota besar, pihaknya bekerja sama dengan Pemkab Wonogiri akan menggelar kontes batu mulia untuk menyemarakkan Hari Jadi Wonogiri ke-274. “Dalam pameran kami menyediakan 90 stan yang diikuti peserta dari seluruh nusantara,” ungkap dia, kemarin di ruang kerja Bupati Wonogiri.

Batu Akik Khas Wonogiri
Dalam kesempatan tersebut, pameran yang terlaksana beberapa hari ini akan mengampanyekan batu akik khas Wonogiri, yaitu batu akik fire opal. Menurut Agustono, fire opal adalah salah satu batu akik khas Wonogiri yang sebanding dengan batu akik fire opal Mexico. Sejak 2011, kata dia, kami sudah mengatakan fire opal Wonogiri cukup bagus dan bisa disandingkan dengan fire opal Mexico. 

Menurut Agustono, selain batu akik fire opal tersebut, dalam pameran di Wonogiri itu akan memamerkan berbagai macam batu akik. Seperti Bacan, Idocres Sungai Dareh, Calcedony, Kalimaya, Agate, Safir, Batu Suseki (Motif) dan Klawing Banjarnegara.  Tak hanya itu, nanti juga rencananya adalah batu akik khas Wonogiri yang kedua, yaitu batu akik Klawing Kismantoro.

Info pameran batu akik di Wonogiri terbaru ini sekaligus mengundang semua pecinta batu akik dari berbagai daerah. Tak hanya pecinta batu akik dari Wonogiri, namun juga pecinta batu akik dari Rembang, Purwokerto, Banjarnegara, Klaten, Demak, Pekalongan dan semua pecinta batu akik di seluruh Jawa Tengah.  (Red-HJ35/Esti suci/Foto: Kompas).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here