Batik Warna Alam Khas Batang Produk Unggulan Jateng

0
261


Batik khas Batang Jateng saat dipamerkan.

Batang, Harianjateng.com –  Batik Warna Alam khas Batang adalah salah satu produk unggulan Jateng. Batik khas Kabupaten Batang ini merupakan salah satu kekayaan budaya yang dimiliki Provinsi Jawa Tengah. Sebelumnya, beberapa waktu lalu Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Direktorat Jenderal Ekonomi Kreatif Berbasis Seni Budaya, menggelar Pameran Sentra Kreatif Rakyat.
Selama ini produk batik memang didominasi Jawa Tengah. Seperti contoh batik khas Pekalongan, batik khas Kendal, batik khas Pemalang, batik khas Brebes, batik khas Tegal, batik khas Semarang, batik khas Demak, batik khas Klaten, batik khas Salatiga, batik khas Bakaran Juwana Pati, batik khas Blora, batik khas Kudus, batik khas Jepara, batik khas Rembang dan sebagainya di wilayah Jawa Tengah. (Baca juga: Pekalongan Akan Bangun Pusat Informasi Budaya Batik dengan Dana Rp 9 Miliar).
Selama beberapa hari, pameran tersebut digelar di rumah dinas Bupati Batang. Pameran memang perlu, apalagi hal itu menjadi salah satu promosi publikasi atas hasil pelaksanaan Program Pelatihan Sentra Kreatif Rakyat di wilayah Kabupaten Batang. Tak hanya di kabupaten batang, pameran batik khas di Jawa Tengah harus rajin digelar.
Pameran batik khas Batang yang digelar beberapa waktu semakin mempromosikan batik khas Batang sebagai salah satu kekayaan budaya dan seni di Kabupaten Batang. Apalagi, dalam pameran tersebut diikuti oleh ibu rumah tangga dari 17 desa di Kabupaten Batang yang dikelompokkan menjadi 10 kelompok. 
Ke depan, diperlukan gerakan nyata dalam mempromosikan batik khas Batang dan umumnya batik khas daerah lain di Jawa Tengah. Seperti batik khas Wonogiri, batik khas Klaten, batik khas Purbalingga, batik khas Blora dan umumnya di Jawa Tengah. (Red-HJ45/Foto: Pemkab Batang).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here