Manfaat Tembakau Bagi Kesehatan adalah Menyembuhkan Kanker, Mau Tahu?

0
94


Selama ini, tembakau selalu menjadi benda yang selalu dikonotasikan negatif. Padahal semua ciptaan Tuhan pasti ada manfaatnya. Banyak sekali manfaat tembakau bagi kesehatan adalah menyembuhkan kanker, mau tahu? Ya, tembakau adalah salah satu jenis tanaman yang menjadi bahan utama rokok, meskipun selalu dikutuk-kutuk, tembakau menjadi bahan ekspor tinggi di Indonesia, terutama di Jawa Tengah.
Tembakau memang benda unik. Saking uniknya, banyak sekali penelusuran tembakau di internet. Mulai dari kandungan tembakau, sejarah tembakau, tanaman tembakau, tembakau Temanggung, budidaya tembakau, tembakau Jember, klasifikasi tembakau, tembakau Grobogan, tembakau Blora, tembakau Kendal dan sebagainya. (Baca juga:  Cara Mengembalikan Posisi Bayi Sungsang ke Normal dengan Cepat).
Manfaat tembakau bagi kesehatan sebenarnya banyak sekali. Akan tetapi, yang dipahami masyarakat selama ini hanya bahaya rokok saja, padahal unsur rokok tidak hanya tembakau. Dan rokok itu sudah tercampuri berbagai macam obat, bahan kimia dan unsur-unsur zat yang bisa merusak tubuh manusia. Maka sangat wajar jika rokok dapat menimbulkan kanker. Lalu, bagaimana dengan tembakau mentah? Apakah bisa menyembuhkan kanker? Simak salah satu pendapat peneliti di bawah ini.
Menurut Dr Arief Budi Witarto MEng peneliti Pusat Penelitian Bioteknologi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) menjelaskan bahwa manfaat tembakau adalah menghasilkan protein antikanker. Menurut Arief, protein oleh DNA tubuh manusia bisa dimasukkan DNA yang dimaksud ke tembakau melalui bakteri. Begitu sudah masuk, tumbuhan tersebut akan membuat protein sesuai DNA yang dimasukkan. Kalau tumbuhan tembakau sudah panen, maka bisa diambil cairannya berupa protein.
Penelitian Arief ini ternyata bisa dibuktikan dengan mengambil cairan pada tembakau, bukan membakar tembakau menjadi rokok. Sebab, kalau tembakau dibakar menjadi rokok justru malah menjadi penyebab kanker seperti yang sudah diketahui bersama, bahwa merokok dapat menyebabkan kanker.
Tak hanya itu, menurut Arief, tembakau tak sekadar bisa menghasilkan protein antikanker, dan juga GSCF, namun juga bisa menstimulasi perkembangan sel tunas atau stemcell yang bisa dikembangkan untuk memulihkan jaringan fungsi tubuh manusia yang rusak atau kurang berfungsi maksimal.
Di sisi lain, manfaat tembakau juga bisa menjadi pencegah kanker mulut rahim pada perempuan. Logiknya, tembakau memiliki kandungan sumber protein yang tinggi. Sumber protein tersebut bisa menstimulasi antibodi terhadap human papilloma virus (HPV) yang menjadi penyebab kanker mulut rahim. Jadi bagi perempuan, wajib tahu manfaat tembakau bisa mencegah kanker rahim.
Tembakau ternyata juga bisa melepaskan gigitan lintah. Saat Anda digigit lintah, berilah air tembakau pada lintah yang menempel di kaki atau kulit Anda, maka lintah tersebut akan segera lepas karena merasa pahit.
(Laporan Kesehatan Harian Jateng/Foto: IBK/Harian Jateng).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here