Jalur Losari-Brebes-Tegal Diperbaiki Jelang Mudik Lebaran 2015

1
74


Perbaikan jalan yang digarap untuk menyambut mudik Lebaran 2015.
Tegal, Harian Jateng –Menjelang mudik Lebaran 2015, kini Bina Marga tengah memperbaiki jalur Losari-Brebes-Tegal yang berada di jalur pantai utara Pantura) barat. Sebab, jalan Pantura barat seperti diketahui rusak parah, jika tak segera dibenahi, maka akan menghambat perjalanan mudik warga Jawa Tengah, juga Jawa Barat dan Jawa Timur yang melewati jalur tersebut.
Pada Rabu (13/5/2015), kemarin, Wahyu SW Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Jalan dan Jembatan Bina Marga Losari-Brebes-Tegal, mengatakan bahwa jalur yang diperbaiki tersebu sesuai rencana akan ditargetkan sekitar delapan kilometer. Kemacetan yang sering terjadi di jalur Losari-Brebes-Tegal dan sekitarnya memang mengharuskan Bina Marga memperbaiki jalan tersebut agar tidak macet saat mudik Lebaran 2015 nanti.
Menurut dia saat di Tegal, Jateng, sesuai agenda yang sudah disusun, perbaikan jalan tersebut ditargetkan selesai pada 30 hari menjelang Lebaran 2015. “Karena H-30 harus sudah siap untuk arus mudik. Perbaikan 2 kilometer di jalan Gajahmada Brebes (arah Semarang),” beber dia.
Menurut Wahyu, Jalan Kolonel Sugiyono, sekitar 500 meter dan Klampok, Brebes, Jateng sepanjang 4 kilometer nanti akan menjadi proyek perbaikan jalan selanjutnya. Tak hanya itu, Bina Marga kini juga melakukan penambalan badan jalan, mulai dari Losari, Brebes sampai Tegal yang bertujuan agar pemudik nanti bisa menikmati jalan raya tanpa ada gangguan.
Seperti diketahui, keadaan riil di lapangan memang mengharuskan Bina Marga memperbaiki jalur tersebut. Meskipun jalur tersebut masih relatif laik dilalui pengendara sepeda motor, bus maupun mobil dan truk, akan tetapi di berbagai titik, lapisan aspal banyak yang bergelombang dan mengganggu pengendara.
Seperti diketahui, kemacetan saat mudik Lebaran sebenarnya tak hanya terjadi di Pantura barat, namun juga mulai dari Kendal, Semarang, jalur Demak, Kudus, Pati, sampai Rembang dan Jawa Timur. Akan tetapi, dalam hal ini menurut Wahyu yang akan diprioritaskan dibeni adalah jalur Losari-Brebes-Tegal.
Soal anggaran, Wahyu menjelaskan belum mengetahui jumlah pastinya. Akan tetapi, pihaknya akan melakukan survei terkait dengan perbaikan jalan tersebut. Ia memperkirakana, total anggaran perbaikan jalan tersebut sekitar Rp 3 miliar. (Red-HJ45/Foto: Metrotvnews/Kun). 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here