Musim Angin Timur, Nelayan Cilacap akan Panen Ikan

41
115


Hasil ikan melimpah saat musim angin timur. Foto: Harian Jateng.
Cilacap, Harian Jateng – Memasuki musim angin timur tahun 2015, nelayan Cilacap, Jawa Tengah kini akan mulai panen ikan. Nelayan yang berada di Kabupaten Cilacap tersebut, menurut Untung Jayanto Ketua Koperasi Unit Desa (KUD) Mino Saroyo Cilacap, Jateng, akan panen ikan karena saat ini akan masuk musim angin timur.
Menurut dia, Kamis (14/5/2015), di Cilacap, wilayah perairan selatan Jawa Tengah, beberapa hari ini sudah masuk awal musim angin timur. Maka, menurutnya, diperkirakan musim panen ikan akan berlangsung akhir bulan Juni 2015 atau Juli 2015. “Diperkirakan musim panen ikan akan berlangsung mulai akhir bulan Juni atau awal Juli,” beber dia.
Meskipun pada bulan-bulan tersebut diprediksi akan panen ikan melimpah, akan tetapi semua itu menurut Untung bergantung kondisi angin, meskipun secara hitungan telah memasuki musim angin timur. Apalagi, menurut Untung, bila anginnya nanti berhembus kencang, nelayan di Cilacap akan tak bisa melalut, sebab gelombangnya tinggi, seperti yang telah terjadi pada sepekan terakhir.
Musim angin timur memang menjadi berkah sendiri bagi para nelayan, terutama di Cilacap. Tak heran, banyak sekali nelayan berdatangan dari berbagai daerah untuk memburu ikan pada saat musim angin timur. Dalam sepekan terakhir, nelayan di Cilacap kebanyakan melaut sesuai jam-jam tertentu yang anginnya tak terlalu kencang.
Hal itu dilakukan mereka untuk meminimalkan risiko dan bahaya di laut. Saat angin kencang, tentu risiko melaut semakin membahayakan nyawa para nelayan. Maka untuk mengatasi hal itu, nelayan di Cilacap harus melalut sesuai jam-jam tertentu saat angin tak berhembus kencang. 
Tak hanya di Cilacap, sebenarnya musim angin timur juga menjadi berkah bagi nelayan di Pemalang, nelayan di Tegal, nelayan di Pekalongan, nelayan di Batang, nelayan di Semarang dan sebagainya. Mereka akan panen jika nanti anginnya tak kencang dan memungkinkan para nelayan bisa melalut dan mendapatkan tangkapan dalam jumlah besar. (Red-HJ45/Ant/Foto: Harian Jateng).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here