Menjamah Candi Arjuna Dieng di Banjarnegara Jateng

0
290


Candi Arjuna Dieng.
Siapa yang sudah pernah menjamah Candi Arjuna Dieng di Banjarnegara Jateng? Wah, sangat rugi kalau Anda belum pernah menjamah Candi Arjuna Dieng di Banjarnegara, Jawa Tengah ini. Candi Arjuna Dieng merupakan salah satu candi Jawa Tengah yang terus dikembangan sebagai destinasi wisata di Jawa Tengah.
Buktinya, pada tahun 2008, secara resmi, purna pugar Candi Arjuna Dieng, yang berada di Kompleks Canri Arjuna Dieng Kabupaten Banjarnegara diresmikan oleh Menteri Kebudayaan dan Pariwisata Republik Indonesia, yaitu Ir Jero Wacik SE pada 28 Juli 2008.
Wisata Dieng merupakan salah satu objek wisata di Jawa Tengah yang berada di dua kabupaten, yaitu Kabupaten Wonosobo dan juga Kabupaten Banjarnegara. Sedangkan objek wisata Candi Arjuna Dieng terletak di Kabupaten Banjarnegara.
Candi Arjuna Dieng selalu ramai saat liburan. Apalagi, saat liburan panjang dan tahun baru. Dipastikan, suasana dingin berkabut semakin membuat betah para wisatawan dari berbagai daerah yang berkunjung ke Candi Arjuna Dieng.
Banyak sekali wisatawan dari Wonosobo, wisatawan dari Banjarnegara, wisatawan dari Magelang, wisatawan dari Temanggung, juga wisatawan dari dari Salatiga, wisatawan dari Boyolali, wisatawan dari Banyumas, wisatawan dari Purbalingga, wisatawan dari Brebes, wisatawan dari Tegal, wisatawan dari Solo, wisatawan dari Klaten, wisatawan dari Jogjakarta dan sebagainya datang ke Candi Arjuna untuk memanjakan mata menikmati keindahan alam di sana.
Tak hanya wisatawan dari Jateng, banyak wisatawan dari berbagai daerah, seperti wisatawan dari Bandung, wisatawan dari Jakarta, wisatawan dari Surabaya, wisatawan dari Medan, wisatawan dari Riau, wisatawan dari Pontianak, wisatawan dari Depok, wisatawan dari Malang, dan berbagai wisatawan yang berasal di seluruh Indonesia.
Lebih memukau lagi, banyak wisatawan dari berbagai negara juga menjamah indahnya Candi Arjuna Dieng. Mereka datang dari Amerika, Australia, juga dari Meksiko, Arab, dan berbagai negara lain yang datang ke Indonesia untuk menikmati indahnya alam di Dieng.
Tak heran, dengan pengunjung dari berbagai daerah tersebut, banyak sekali orang mencari informasi seputar kawasan Candi Arjuna Dieng, kompleks Candi Arjuna Dieng, wisata Candi Arjuna Dieng, sejarah Candi Arjuna Dieng, juga asal usul Candi Arjuna Dieng, sajarah Candi Dien dan sebagainya. Mereka juga mencari fasilitas, tarif masuk Candi Arjuna Dieng.
Dalam sejarah Candi Arjuna Dieng, tercatat bahwa Candi Arjuna Dieng adalah salah satu candi Hindu di Jawa Tengah yang sampai detik ini masih terawat, karena masuk cagar budaya yang dilindungi pemerintah. Lokasi Candi Arjuna Dieng  berada di kompleks dataran tinggi Dieng, Banjarnegara, Jawa Tengah.
Untuk menuju ke lokasi Candi Arjuna Dieng, Anda bisa menggunakan sepeda motor, mobil pribadi,angkutan umum, bus atau taksi. Jadi sangat mudah jika Anda akan menikmati keindahan Candi Arjuna Dieng  yang sangat memukau sepanjang zaman.
Di kompleks Candi Arjuna Dieng yang berada di Banjarnegara tersebut, juga terdapat candi-candi lain. Seperti Candi Sembandra, Candi Puntadewa, juga Candi Srikandi, dan Candi Semar yang bisa Anda lihat, teliti, dan bisa Anda jadikan objek foto prewed dan sebagai foto profil facebook atau foto DP BBM.
Candi yang disebut warga dari tokoh pewayangan Mahabarata tersebut merupakan salah satu kekayaan wisata di Banjarnegara Jawa Tengah. Khusus untuk Candi Arjuna, ukurannya sekitar 6×6 yang menghadap ke arah barat. Sejak tahun 2010 lalu, Candi Arjuna Dieng tersebut sudah dikelola dengan baik. Buktinya, Candi Arjuna Dieng tersebut sudah dikembangan dan dilindungi oleh Dinas Pariwisata Banjarnegara dan Pokdarwis atau Kelompok Sadar Wisata  yang mengelola dan menjaga keindahan Candi Arjuna Dieng tersebut.
Candi Arjuna Dieng  menjadi salah satu kekayaan wisata di Jawa Tengah. Selain membuat betah, di Candi juga terdapat berbagai makanan khas Dieng dan baju serat oleh-oleh khas Dieng seperti carica dan sebagainya. Apakah Anda tak tertarik berwisata di Candi Arjuna Dieng?
(Laporan Wisata Harian Jateng/Foto: Harian Jateng).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here