Mengintip Keindahan Pulau Mandalika Jepara

0
219


Pulau Mandalika dilihat dari Benteng Portugis.
Selain objek wisata Benteng Portugis Jepara, kita perlu mengintip keindahan Pulau Mandalika Jepara.Pulau Mandalika atau warga sekitar menyebut Pulau Mondoliko, secara administratif masih masuk ke dalam Kabupaten Jepara yang lokasinya sangat dekat dengan wisata Benteng Portugis. Pula Mandalika Jepara ini adalah pulau kecil yang relatif dekat dengan Desa Ujung Watu, Kecamatan Keling, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah.
Dikarenakan indah, tak heran banyak sekali orang mencari informasi terkait peta Pulau Mandalika Jepara, wisata Pulau Mandalika Jepara dan juga desa Pulau Mandalika Jepara yang sangat dekat dengan wisata Benteng Portugis.
Bagi warga Jepara, nama Pulau Mandalika memang tak asing, begitu pula bagi warga Pati, terutama warga Desa Dukuhseti, Kembang, Tegalombo dan Puncel. Lokasi Pulau Mandalika juga bisa ditempuh dari Jalan Raya Tayu-Puncel, kemudian melewati hutan, kemudian perbatasan Pati-Jepara, dan melewati Gunung Batu Putih Jepara dan desa Ujung Watu, lalu kemudian masuk ke wisata Benteng Portugis dan ke Pulau Mandalika memalui perahu warga setempat. (Baca juga: Wisata Gunung Batu Putih Ujung Watu Jepara).
Fasilitas Pulau Mandalika Jepara
Dari Benteng Portugis, terutama di atas, keindahan Pulau Mandalika bisa diintip dengan kamera atau teropong. Sebab, lokasinya hanya sekitar 500 meter dari daratan Benteng Portugis Jepara bagian utara. Di Pulau Mandalika, terdapat beberapa fasilitas menarik dan unik.
Di Pulau Mandalika terdpar mercusuar yang berfungsi untuk mengendalikan para nelayan saat melaut. Jika anda melewati Jalur Kapal Kartini Karimun Jawa-Jepara, maka Anda akan melewati Pulau Mandalika dan juga Benteng Portugis. Di sana sangat sejuk dan jauh dari keramaian, sangat cocok untuk berlibur dan merefresh otak. (Baca juga: Menikmati Es Rumput Laut Khas Jepara Memang Maknyus).
Selain mercusuar, di Pulau Mandalika juga terdapat perumahan para karyawan dan berbagai tanaman menarik. Bahkan, di sana ada tanaman bernama “Nongko Celeng” sebagai salah satu tanaman khas Pulau Mandalika Jepara. Uniknya lagi, tanaman itu bisa mengeluarkan buah, melalui dalam tanah, yaitu arahnya para akar. Selain itu, yang menarik dari Pulau Mandalika adalah adanya makam Sayid Ustman atau seorang nayaka/menteri dari Ratu Kalinyamat dari Kerajaan Kalinyamat.
Pulau Mandalika juga memiliki mitos unik. Dari cerita warga setempat, konon, ada pintu gerbang Keraton Luweng Siluman yang dirajai Siluman Bajul Putih. Jika ada orang yang memiliki kulit putih, seperti bangsa Portugis, maka mereka akan tersedot ke dalam laut tersebut. Mereka akan hilang entah ke mana karena tersedot pintu gerbang Keraton Luweng Siluman tersebut.
Dari literatur yang dilansir Wikipedia.com, kejadian unik tersebut sesuai sumpah Siluman Bajul Putih ketika dikalahkan Ki Leseh. Siluman tersebut berjanji dan juga, bersumpah kalau ada orang yang berkulit putih seperti kulitnya, dan mereka lewat di atas pintu gerbang Luweng Siluman itu, akan disedot ke dalam laut dan hilang entah ke mana.
Seperti diketahui, banyak warga di Desa Ujung Watu, Kecamatan Keling, Jepara tersebut berkulit putih-putih. Mereka diduga adalah keturunan bangsa Portugis yang dulu pernah menjajah di sana, dan mendiri Benteng Portugis. Tak heran, banyak sekali warga Jepara pada umumnya, berkulit putih dan bagi perempuan sangat cantik-cantik, dan bagi kaum pria terlihat ganteng-ganteng.
Anda jika ingin ke sana, cara bisa masuk melalui Benteng Portugis, kemudian menyewa kapal yang sudah disediakan para nelayan setempat. Hanya sekitar 5 sampai 10 menit, Anda bisa sampai di Pulau Mandalika dan menikmati keindahan Pulau Mandalika Jepara. Tertarikkah Anda ke Pulau Mandalika?
(Laporan Wisata Harian Jateng/Foto: HI/Harian Jateng).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here