Desa Promasan, Jalur Pendakian Gunung Ungaran

10
501


Desa Promasan dilihat dari atas.

Desa Promasan adalah salah satu jalur pendakian Gunung Ungaran, Semarang, Jawa Tengah. Desa Promasan, atau orang sekitar juga menyebutnya kampung dan dukuh Promasan, merupakan salah satu Desa unik dan asri, alami, memukau di lerenga Gunung Ungaran.
Secara administratif, Promasan berada di Desa Ngesrep Balong, Kecamatan Limbangan, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah. Lokasinya terpencil, di tengah hutan/kawasan teh dan berada di lereng Gunung Ungaran. Bagi pendaki gunung atau Mapala (Mahasiswa Pecinta Alam), pasti tak asing dengan Kampung Promasan. Di sana, sangat sulit menemukan listrik, karena baru memakai mesin diesel, itu pun hidupnya hanya menjelang mangrib, dan dimatikan sekitar pukul 8 malam atau sekitar setelah waktu isya. 
Bagi pendaki gunung yang sering menjelahi Gunung Ungaran, pasti tak asing dengan informasi atau berita tentang jalur pendakian Gunung Ungaran, Gunung Ungaran pernah meletus, Gunung Ungaran meletus, Gunung Sindoro, cara cepat mendaki Gunung Ungaran, misteri Gunung Ungaran, Gunung Ungaran jalur Medini, Gunung Ungaran jalur Gedong Songo dan sebagainya. Informasi tersebut dibutuhkan mereka karena mereka ingin tahu jalur mana saja yang dekat dengan Gunung Ungaran.
Desa Promasan lokasinya adalah di lereng Gunung Ungaran yang memiliki ketinggian 1800 mdpl. Di sana, sangat terpencil bahkan jauh dari peradaban. Warganya pun memiliki dialeg khas, yang sehari-hari bekerja di perkebunan teh. Akan tetapi, mereka sangat ramah dengan para pendaki gunung dan siap melayani kopi, mie hangat dan makanan lain ketika para pendaki datang.
Di desa Promasan, ada beberapa rumah warga yang sangat sederhana. Di sana juga terdapat masjid yang biasa digunakan warga setempat untuk menjalankan ibadah. Tak hanya itu, Desa Promasan sebagai salah satu jalur pendakian Gunung Ungaran tersebut juga ada Goa Jepang dan juga Candi Promasan yang disakralkan warga setempat.
Jika Anda mendaki dan mau menuju puncak Gunung Ungaran, jangan lupa, mampir di Desa Promasan. Anda juga bisa mendapatkan air, makanan dan kopi hangat dengan membeli di rumah warga Promasan yang telah disediakan. Selamat berkunjung ke Promasan!
(Laporan Wisata Harian Jateng/Foto: Mufid/Harian Jateng).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here