Barongan Blora Berjaya di ASEAN Muslim Students Summit & Masterpiece of ASEAN Culture

2
188


Barongan Blora saat tampil di Yogyakarta, kemarin.
Yogyakarta, Harian Jateng – Seni Barong Blora atau Barongan Blora berjaya di ASEAN Muslim Students Summit & Masterpiece of ASEAN Culture, Selasa  (19/05/2015). Barongan Blora berkesempatan tampil dalam agenda yang diselenggarakan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Muhamadiyah Yogyakarta (UMY) tersebut.

Barongan Blora merupakan salah satu seni budaya khas Kabupaten Blora, Jawa Tengah. Tidak hanya dari kalangan seniman, namun kalangan mahasiswa juga turut nguri-nguri budaya tersebut. Bahkan, kemarin, mereka mengikutsertakan Barongan Blora tampil dalam agenda tingkat dunia yang digelar di Yogyakarta.

Hal itu menjadi kebanggan tersendiri bagi Blora. Apalagi, Barongan Blora dibawakan Keluarga Mahasiswa Blora (KAMABA) Yogyakarta sebagai salah satu promosi budaya lokal Jateng di kancah internasional. (Baca juga: Waw, Barongan Blora go Internasional).
Di tahun 2015 ini, agenda besar ASEAN Muslim Students Summit & Masterpiece of ASEAN Culture mengangkat tema “Promotion ASEAN Muslim Students Role in Preserving The Way of ASEAN Community” yang dikonsep oleh penyelanggara BEM Universitas Muhamadiyah Yogyakarta (UMY).
Kegiatan tersebut diselenggarakan selama dua hari, yaitu 18 Mei 2015 sampai 19 Mei 2015, kemarin. Hari pertama, digelar Seminar Internasional dan Stand Budaya yang diikuti 21 Budaya Indonesia serta 9 Negara ASEAN. Kemudian, malam puncaknya, pada 19 Mei 2015, digelar penampilan seni budaya bertempat di Plaza Bintang UMY yang dihadiri ribuan penonton.
Kegiatan tersebut menjadi salah satu wahan untuk mengampanyekan Barongan Blora sebagai salah satu seni unik, memukau dan kaya akan nilai-nilai luhur khas Blora. Tak heran, peran dan gerakan kampanye budaya yang dilakukan KAMABA Yogyakarta ini menjadi spirit pada seniman barong di Blora untuk terus berkarya tanpa henti. (Red-HJ34/Foto: Kamaba).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here