Wisata Benteng Portugis Jepara Jateng Jadi Wisata Dunia

2
504


Jika Anda ingin melihat replika bangunan tingkat dunia, yaitu buatan bangsa Portugis, maka Anda harus berkunjung ke wisata Benteng Portugis Jepara Jateng yang menjadi wisata dunia. Mengapa sekelas dunia? Pasalnya, bangunan peninggalan bangsa Portugis tersebut memberikan pelajaran bagi para pengunjung untuk mengetahui bentuk-bentuk seni, budaya dan taktik serta strategi politik bangsa Portugis.
Benteng Portugis Jepara adalah salah satu objek wisata di Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Benteng Portugis Jepara juga memiliki Pantai Benteng Portugis yang tak kalah indah dengan wisata Pantai Kartini Jepara. Anda bisa ke sana, dengan mengendarai berbagai kendaraan, bisa mobil pribadi, sepeda motor dan sebagainya. Di dekat wisata Benteng Portugis ini, juga dekat dengan wisata Pantai Banyutowo Dukuhseti, yaitu desa kelahiran artis Soimah Pancawati. (Baca juga: Ayo Berwisata di Pantai Banyutowo).
Benteng Portugis Jepara memang menjadi salah satu referensi wisata di Jawa Tengah. Apalagi, banyak sekali orang mencari informasi lengkap soal perbaikan Benteng Portugis Banyumanis, berita Benteng Portugis, Benteng Portugis 2015, pantai Benteng Portugis Jepara, wisata Benteng Portugis Jepara, sejarah Benteng Portugis Jepara, Benteng Portugis di Maluku, Benteng Portugis pertama kali didirikan di Indonesia dan sebagainya.
Sejarah Benteng Portugis
Sejarah Benteng Portugis adalah sejarah yang pelik. Sebab, sejarah pembangunan Bentang Portugis Jepara ini diawali sekitar tahun 1923. Dulu, ada perikaian antara VOC Belanda dan juga pihak Indonesia. Sejak saat itu, sekitar tahun 1619, Kota Jayakarta atau Sunda Kelapa, ketika saat itu dimasuki Belanda, maka diubah namanya menjadi Batavia yang sampai saat ini dikenal sebagai Betawi.
Bangsa Portugis, saat itu berseteru dengan ganas melawan pihak VOC. Nah, saat itu, Raja Mataram Sultan Agung, bertekad mengalahkan  VOC, namun VOC hanya bisa dikalahkan dengan armada laut yang sangat kuat. Oleh karena itu, dibangunlah Benteng Portugis sebagai salah satu benteng untuk melawan VOC.
Dengan adanya bangsa Portugis masuk ke Jepara, Jateng, membuat masyarakat setempat kaget. Bahkan, banyak bangsa Portugis kawin dengan warga setempat dan beranak-pihak. Kemudian, mereka menurunkan gen kulit putih. Maka tidak heran jika warga Jepara, khususnya yang berada di dekat Benteng Portugis, atau sekitar Desa Ujung Watu dan Donorojo memiliki wajah yang cantik dan ganteng serta kulitnya putih.
Alamat Benteng Purtugis Jepara
Alamat Benteng Purtugis Jepara ini sangat dekat dengan Kabupaten Pati. Tepatnya berdekatan dengan Desa Puncel, Kecamatan Dukuhseti, Pati. Dari arah Pati, Anda bisa naik angkutan umum dari Pati Kota menuju Tayu. Sesampainya di Tayu, ambillah angkutan jurusan Puncel. Kemudian kalau sudah sampai puncel, naiklah ojek dan bilang turun di Benteng Portugis, pasti semua tukang ojek sudah tahu.
Secara administratif, lokasi Benteng Portugis ini berada di Desa Banyumanis, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Lokasi Benteng Portugis dari Kota Jepara sekitar 45 km, atau tepatnya di sebelah timur laut Kota Jepara. Dari Jepara Kota, Anda bisa naik bus dan angkutan serta ojek, kemudian bilang turun di Benteng Portugis.
Jika Anda memiliki sepeda motor sendiri, mobil, atau bahkan kapal, Anda juga bisa datang ke sana langsung dengan mencari alamat Benteng Portugis Jepara melalui Google Map atau pencari arah. Sebenarnya, di dekat Benteng Portugis juga ada wisata yang tak kalah menarik, yaitu Gunung Batu Putih Jepara. (Baca juga: Ayo Berwisata di GunungBatu Putih Jepara yang Menjadi Keajaiban Dunia).

Harga Tiket Masuk Benteng Portugis

Harga tiket masuk Benteng Portugis Jepara ini sangat murah. Untuk biaya parkir gratis. Untuk tiket masuk, hanya Rp.5000 untuk satu orang. Akan tetapi, biasanya saat liburan, hari besar, tahun baru, harga tiket naik menjadi Rp.7000 sampai Rp.10.000.
Untuk hari Minggu, biasanya sepeda motor tidak boleh masuk lokasi. Pengunjung hanya bisa memarkir di depan pintu masuk. Sedangkan jika ingin berkeliling di kawasan Benteng Portugis, maka Anda harus berjalan kaki sembari melihat Pantai Benteng Portugis yang indah dan menawan.
Fasilitas Benteng Portugis Jepara
Fasilitas Benteng Portugis Jepara sebenarnya sangat lengkap. Mulai dari objek pantai, kapal, pemandangan indah, warung makan, objek makam, hotel Benteng Portugis, kamar mandi dan WC, serta Anda bisa berkeliling di Pulau Mandalika yang sangat dekat dengan lokasi Benteng Portugis Jepara.

(Baca juga: Mengintip Pulau Mandalika Jepara yang Memukau).

Di lokasi wisata Benteng Portugis juga ada taman yang luas, musholla, juga gazebo dan tenda untuk bersantai melihat Pantai Benteng Portugis Jepara. Bagi Anda yang tertarik berwisata di Pulau Mandalika atau Pulau Mondoliko, Anda bisa menyewa kapal warga yang disewakan.
Tahun 2009, lokasi Benteng Portugis ini pernah dijadikan shooting film LARI DARI BLORA yang mengakat kisah Samin Surosentiko. Di dekat Benteng Portugis, Anda juga bisa berfoto, selfie karena dekat dengan lokasi Pulau Mandalika Jepara.

Biasanya, saat tahun baru, banyak sekali hiburan digelar di sana, seperti pentas dangdut, band, festival layang-layang dan sebagainya. Benteng Portugis Jepara menjadi salah satu khazanah wisata di Jepara, Jawa Tengah. Tertarikkah Anda ke sana?
(Laporan Wisata Harian Jateng).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here