Wisata Lawang Sewu Semarang Jawa Tengah, Wisata Seribu Hantu di Semarang

15
392


Lawang Sewu Semarang saat malam hari.
Sebagai warga Jawa Tengah dan Indonesia, ayo wisata ke Lawang Sewu Semarang Jawa Tengah sebagai salah satu objek wisata menarik di Kota Semarang. Wisata Lawang Sewu Semarang merupakan salah satu wisata gedung tua yang berada di pusat Kota Semarang. Wisata ini menjadi salah satu ikon wisata dan kekayaan Semarang.
Berbicara Lawang Sewu, berarti kita berbicara juga soal wisata Lawang Sewu yang menarik, film Lawang Sewu, sejarah Lawang Sewu, video Lawang Sewu, misteri Lawang Sewu, hantu Lawang Sewu, asal-usul Lawang Sewu, penampakan Lawang Sewu dan sebagainya.
Berbeda dengan gedung-gedung lain di Indonesia, gedung Lawang Sewu ini hanya kata kiasan. Maksudnya, Lawang Sewu yang dalam bahasa Indonesia artinya adalah “seribu pintu” itu hanya sebutan. Sebab, jumlah pintu di Lawang Sewu tidak ada 1000.
Wisata Lawang Sewu Semarang, sangat khas dan bahkan dikenal di dunia, dan tak mau kalah dengan wisata di tempat lain. Misalnya, wisata Demak, wisata Kudus, wisata Pati, wisata khas Jepara, wisata unik di Rembang, wisata Blora, wisata khas Grobogan, wisata Kendal dan wisata Batang.
Wisata Lawang Sewu di Semarang tersebut yang depannya adalah kawasan Tugu Muda Semarang tersebut juga tak mau kalah dengan wisata di Pekalongan, wisata Pemalang, wisata Brebes, wisata Tegal, wisata Cilacap, wisata Purbalingga, wisata Banyumas, wisata Magelang, wisata Wonosobo, wisata Temanggung, wisata Solo, wisata Klaten, wisata Wonogiri, wisata Sragen, wisata Boyolali dan sebagianya di Jateng dan umumnya di Indonesia.
Akan tetapi, belakangan ini, banyak sekali mitos Lawang Sewu, hantu penampakan Lawang Sewu, video penampakan di Lawang Sewu dan ketika sudah beberapa kali ada acara uji nyali di Lawang Sewu dan pembuatan film Lawang Sewu, maka saat ini jarang sekali shooting lagi di sana. Pasalnya, banyak sekali hantu-hantu di Lawang Sewu justru bermunculan.
Bahkan ada sebagian orang mengatakan bahwa wisata Lawang Sewu Semarang, wisata seribu hantu di Semarang Jawa Tengah. Hal itu tentu harus dibuktikan dan Anda tak bisa menelan mentah-mentah pameo tersebut. Sebab, wisata Lawang Sewu di Semarang ini menjadi salah satu keajaiban dunia wisata di Indonesia.
Wisata Lawang Sewu
Wisata Lawang Sewu Semarang ini, sejarah awalnya dimulai sekitar tahun 1904. Tahun 1904 tersebut, adalah peletakan pertama batu di Lawang Sewu, maka tidak heran jika wisata Lawang Sewu juga disebut Museum Lawang Sewu Semarang.
Kemudian, setelah itu, tajun 1919 selesai dan Lawang Sewu mulai dibuka mulai tahun 1907. Pemilik Lawang Sewu saat ini adalah PT Kerata Api Indonesia yang jumlahnya ada tiga lantai, yaitu bangunan dasar, tengah dan atas. Pencipta wisata Lawang Sewu atau arsitek Lawang Sewu adalah C. Citroen dengan firma arsitektur J.F Klinkhamer dan B.J Quendag.
Dalam sejarahnya, gedung Lawang Sewu yang berada di Kota Semarang ini merupakan sebuah bangunan unik yang dibangun 27 Februari 1904. Nama awalnya adalah Het hoofdkantor van de Nederlands-Indische Spoorweg Maatschappij atau sering disebut sebagi Kantor Pusat NIS.
Lokasi Lawang Sewu Semarang adalah di Jalan Pemuda, Komplek Tugu Muda, Semarang, Jawa Tengah. Anda bisa berkunjung ke sana dengan naik sepeda motor, mobil, bus, angkutan, becak bahkan ojek. (Baca juga: Ayo Wisata ke Sam Poo Kong Semarang).
Untuk ke sana, Anda juga menghubungi pengelola, di nomor telepon Lawang Sewu yaitu +62 24 3542015. Selain bangunan menarik, fasilitas Lawang Sewu juga melimpah. Seperti gambar-gambar Lawang Sewu kuno zama dulu, Skema rancangan Lawang Sewu 1901, Cetak biru Gedung B, Lawang Sewu di awal 1900-an, replika kereta api di samping Lawang Sewu, ruang bawah tanah Gedung B, yang dikatakan angker, halaman depan yang memukau dan sebagainya.
Untuk membuktikan keunikan dan keangkeran Lawang Sewu, beranikah Anda ke sana?
(Laporan Wisata Harian Jateng/Foto: Najih/Harian Jateng).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here