Niat Puasa Ramadhan Tahun 2015 Bahasa Arab Jawa Indonesia Menurut Islam

5
801


Sebentar lagi adalah bulan suci Ramadhan 2015. Bagi umat Islam, wajib hukumnya mengetahui niat puasa Ramadhan tahun 2015 menurut Islam dengan bahasa Arab, Jawa, Indonesia dan Sunda. Sebab, niat adalah kunci utama diterimanya ibadah puasa bagi umat Islam. Tanpa ada niat, puasa Ramadhan yang Anda lakukan akan sia-sia. Pasalnya, banyak orang berpuasa, namun yang didapat hanya lapar dan dahaga.
Dalam Islam, rukun Islam adalah syahadat, sholat, zakat, puasa Ramadhan dan haji. Pada kesempatan kali ini, puasa Ramadhan menjadi salah satu rukun Islam yang wajib dikerjakan bagi orang Islam yang sudah baligh dan mukallaf.
Niat puasa Ramadhan adalah niat yang diucapkan secara lisan dan dalam hati ketika hendak berpuasa. Biasanya, warga Islam di Indonesia berniat puasa Ramadhan usai sholat Tarawih dan sholat Witir berjamaah di masjid maupun surau atau langgar.
Bagi umat Islam di Indonesia, ada sebagian yang melafalkan niat dengan bahasa Arab, niat puasa Ramadhan bahasa Jawa dan juga niat puasa Ramadhan dengan bahasa Indonesia. Namun juga banyak yang berniat puasa Ramadhan dengan bahasa Arab dan bahasa Jawa.
Berikut niat puasa Ramadhan bahasa Arab:
Bismillahirrahmanirrahim
“Nawaitu shaumagadin, an’adai, fardi syahri, ramahdona, hadihissanati, fardhal lillahi ta’ala”.
Bagi yang mau niat puasa Ramadhan bahasa Indonesia, berikut lafalnya:
Bismillahirrahmanirrahim
“Saya niat puasa Ramadhan, sehari penuh, besuk di bulan Ramadhan, di dalam tahun ini atas perintah Allah ta’ala”.
Bagi orang Jawa, berikut niat puasa Ramadhan bahasa Jawa:
Bismillahirrahmanirrahim
“Niat ingsun poso, tutuko sedino sak isuk, saking anekani, fardune, wulan Romadhone, iki tahun, fadu, kerono miturut perintahe Allah ta’ala”.
Bagi orang Sunda, berikut niat puasa Ramadhan bahasa Sunda:
Bismillahirrahmanirrahim

“Niat abdi puasa, poe isuk bulan Ramadhan, tahun iyue pardhu karana Allah ta’ala”.
 

Tak hanya niat puasa Ramadhan bahasa Arab, niat puasa Ramadhan bahasa Indonesia, niat puasa Ramadhan Jawa, niat puasa Ramadhan Sunda, namun bagi umat Islam juga harus tahu bacaan dan lafal berbuka dan sahur puasa Ramadhan. Sebab, niat dan bacaan dalam puasa Ramadhan tersebut sangat menjadi penentu diterima atau tidaknya puasa umat Islam di muka bumi.
Dalam berpuasa, niat puasa Ramadhan juga harus diutamakan. Sebab, puasa Ramadhan adalah puasa wajib yang harus diawali dengan niat. Ibarat bangunan rumah, niat adalah fondasi dasar dan utama agar bangunan di atas kuat dan tidak roboh. Pasalnya selama ini banyak orang salah niat ketika menjalankan puasa Ramadhan.
Dalam berpuasa, sebenarnya banyak juga informasi dan artikel yang dibutuhkan umat Islam yang harus dibaca. Seperti bacaan niat puasa Senin Kamis, bacaan nita puasa, niat puasa sunnah, niat puasa qadha, niat puasa Idhul Adha, niat puasa Arafah, niat puasa Senin Kamis dan sebagainya.
Selain puasa Ramadhan, banyak pula amalan-amalan yang harus dilakukan umat Islam saat bulan Ramadhan. Seperti tadarus Alquran, shalat Tarawih, shalat Witir, i’tikaf di masjid, sedekah dan sebagainya. Apalagi, di bulan Ramadhan, Allah melipatgandakan pahala semua amalan sholeh umat Islam.
Semoga artikel di atas bermanfaat bagi Anda yang mau menjalankan ibadah puasa Ramadhan tahun 2015 ini. Niat puasa Ramadhan tahun 2015 dengan bahasa Arab, Jawa, Indonesia, dan Sunda menurut Islam harus dibaca semua umat Islam di Indonesia agar tidak salah niat. Selamat berpuasa!
(Laporan Agama Harian Jateng/Foto: Harian Jateng).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here