Koalisi Tugu Muda Semarang Lanjutkan Tahapan Penjaringan

9
72


Semarang, Harian Jateng – Pada Jumat pagi (29/5/2015) Sekretariat Bersama Koalisi Tugu Muda Semarang yang berada di Jalan Veteran Nomor 32 Semarang tampak sepi tak seperti biasanya. Sebab, menurut keterangan salah satu panitian, saat ini agenda Koalisi Tugu Muda Semarang adalah memberikan waktu kepada semua kandidat yang mendaftar di Koalisi Tugu Muda untuk sosialisasi kepada masyarakat.
Usai tahapan penjaringan bakal Calon Walikota dan Wakil Walikota Semarang beberapa waktu lalu, saat ini Koalisi Tugu Muda Semarang (PKS-Golkar-Demokrat) memberikan waktu kepada para kandidat untuk sosialisasi kepada masyarakat Kota Semarang. Seperti diberitakan Harian Jateng sebelumnya, pendaftar terakhir di Koalisi Tugu Muda ada delapan orang dari berbagai kalangan.
Koalisi Tugu Muda Semarang adalah koalisi yang dibentuk oleh PKS Kota Semarang, Golkar Kota Semarang, Demokrat Kota Semarang untuk menyiapkan Pilwakot Semarang 2015 yang sudah di depan mata, yaitu Desember 2015. Berbagai macam konsep dan langkah strategis pun sudah disiapkan koalisi ini untuk bersaing dengan koalisi atau partai lain.
Dari pantauan Harian Jateng, penjaringan yang dilakukan Koalisi Tugu Muda Semarang berlangsung secara terbuka dan untuk umum. Bahkan, penjaringan yang dilakukan beberapa waktu lalu secara kualitatif berjalan dengan maksimal. Hal itu terbukti dengan adanya delapan pendaftar dari latar belakang yang berbeda, mulai dari politisi, pengusaha, akademisi sampai masyarakat independen.
Dari keterangan yang didapat Harian Jateng, Jumat pagi (29/5/2015) di Sekretariat Bersama Koalisi Tugu Muda, Jalan Veteran Nomor 32 Semarang, ada beberapa langkah dan konsep yang sudah disiapkan rapi. Sesuai dengan konsep yang sudah disusun Koalisi Tugu Muda Semarang, ada beberapa langkah strategis yang dilakukan dalam tahapan sebelum Pilwakot Semarang 2015. Hal itu dimulai dari pendaftaran, penandatanganan pakta integritas, sosialisasi bakal calon atau pertemuan terbatas dengan masyarakat dan public hearing/uji publik. (Baca juga: Koalisi Garuda Matahari dan Koalisi Tugu Muda Diklaim Dukung Soemarmo-Syafii).
Setelah itu, dilakukan konsultasi dan evaluasi tahapdan penjaringan di tingkat provinsi, fit and proper test oleh DPP-DPW/DPD partai koalisi (bersama-sama/sendiri-sendiri), kemudian survei dan penetapan calon ditetapkan bersama oleh DPP partai koalisi. Menurut keterangan panitia penjaringan, kedelapan pendaftar tersebut adalah Dr. H. Mahfudz Ali, SH MSi, Drs. H. Soamarmo HS MSi, dr. H. Syafii MKes, Wiwin Subiyono, Rudy Sulaksono, Djoko Setijowarno, Windu Suko Basuki dan Edy Prayitno.
Di sisi lain, saat ini Koalisi Garuda Matahari yang dibangun oleh Gerindra dan PAN Kota Semarang juga menyiapkan segala hal untuk menghadapi Piwalkot Semarang pada Desember 2015 nanti. Tak hanya dua koalisi tersebut, kubu PDI Perjuangan juga tengah menyiapkan berbagai konsep untuk menyambut pesta demokrasi di Kota Semarang. (Red-HJ34/Foto: Harian Jateng).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here