KMPP Pati dan BLH Pati Gelar Sosialisasi Biogas

0
SOSIALISASI: Suasana sosialisasi di Pati oleh KMPP dan BLH Pati.

Pati, Harian Jateng – Keluarga Mahasiswa dan Pelajar Pati (KMPP) bekerja sama dengan Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kabupaten Pati mengadakan sarasehan dan sosialisasi Biogas dengan tema “Energi terbarukan untuk anak cucu di masa depan” di Desa Tegalharjo, Kecamatan Trangkil Kabupaten Pati, Jawa Tengah pada Jum’at (5/6/2015).

Koordinator acara Angga Saputra mengatakan bahwa acara ini bertujuan untuk mengenalkan biogas kepada masyarakat luas dengan harapan masyarakat akan tertarik menggunakan biogas.

Angga melanjutkan biogas merupakan gas yang memiliki prospek sebagai energi pengganti bahan bakar fosil yang keberadaannya makin langka. Oleh karena itu, menurutnya, masyarakat harus menggunakan sumber energi baru dalam memenuhi kebutuhan energi sehari-hari.

“Kabupaten Pati memiliki potensi luas wilayah yang begitu besar, kami harapkan agar segera mengaplikasikan bahan bakar nabati ini,” ungkap Angga yang juga mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang ini melalui rilis yang diterima harianjateng di Semarang..

Endang Sri Hardiati dari BLH Kabupaten Pati mengatakan bahwa biogas aman digunakan, ramah lingkungan, dan lebih efisien dibandingkan minyak tanah atau gas LPG.

“Dengan biogas, masyarakat tidak usah cari kayu bakar yang cenderung akan mnghasilkan asap ketika digunakan. Apabila kita menggunakan biogas, maka akan menghemat asumsi pembelian minyak tanah/gas,” kata Endang.

Acara itu diikuti oleh puluhan warga Desa Tegalharjo. Salim, warga Desa Tegalharjo yang juga tuan rumah acara mengatakan bahwa warga sangat tertarik untuk membuat instalasi biogas. Oleh karena itu ia mengharap pemerintah Kabupaten Pati memberikan bantuan peralatan-peralatan yang diperlukan.

“Kami berharap pemerintah Kabupaten Pati memberikan pelatihan pembuatan instalasi biogas dan bantuan peralatan biogas tersebut,” pungkas Salim. Biogas dapat diolah dari kotoran manusia, kambing, sapi dan kotoran ternak lain. (Red-HJ36/Hasyim).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here