IMAKEN dan Warga Kendal Kembangkan Potensi Wisata

0
Aktivis Imaken saat bakti sosial

Kendal, Harian Jateng– Ikatan Mahasiswa Kendal (IMAKEN) dan warga Kendal kembangkan potensi wisata di wilayah Kendal, Jawa Tengah. Hal itu terwujud dalam kegiatan Bakti Sosial tak lama ini di Kendal. Bakti Sosial Ikatan Mahasiswa Kendal (IMAKEN) di Dusun Kaliereng, Desa Cening, Kecamatan Singorojo, Kabupaten Kendal beberapa waktu lalu, mendapat respon positif dari warga.
Kegiatan ini diselenggarakan dalam rangkaian budaya Nyadran Desa Cening yang hanya diagendakan sekali dalam setahun yaitu pada Jumat Kliwon sebelum memasuki bulan Ramadan 2015.

Kegiatan dimulai dari pertunjukan Ketoprak Kamis malam (4/6/2015), keesokan harinya dilanjutkan dengan Nyadran di makam leluhur desa. Selain itu, warga juga mengadakan Lomba Voli antar Rukun Tetangga (RT) dan disambung dengan kegiatan dari mahasiswa IMAKEN.

Bakti Sosial dilaksanakan pada 6-7 Juni 2015, dimulai dengan senam sehat, selanjutnya pengobatan gratis serta Sosialisasi Pengembangan Potensi Sumber Daya Alam dari Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Kabupaten Kendal.

Khasanuddin, Ketua IMAKEN mengatakan kegiatan ini bekerjasama dengan Dinas dan masyarakat untuk melihat dan mengembangkan potensi wisata di sini.

“Kita menggandeng Puskesmas Singorojo 1 dan Dinas terkait untuk mensukseskan acara ini. Harapannya adalah potensi yang ada di Desa Cening, seperti Curug Glawe ini dapat dikenal dan dikembangkan sehingga menjadi alternatif wisata di Kabupaten Kendal,” ungkapnya.

Solikin, Ketua Panitia Bakti Sosial menambahkan, IMAKEN bersama Kelompok PKK juga juga mengadakan pelatihan handmade dari kain flanel.

“Saya senang dengan keindahan wisata di Cening. Ada Curug Glawe yang terdiri dari 2 curug yang berdampingan dengan tinggi lebih dari 30 meter. Selain berwisata, mahasiswa juga melatih masyarakat untuk membuat hasil kerajinan,” katanya.

Di Cening, potensi wisatanya tidak hanya Curug Glawe, melainkan juga Curug Pring, Curug Jurang, dan Batu Gombak yang letaknya berdekatan jika menyusuri sungai sekitar. Jarak tempuh untuk sampai ke Curug Glawe sekitar 30 menit.

Direktur Pengembangan SDM Kalam Institute, Muhammad Shofi F. I, menyampaikan bahwa kegiatan IMAKEN di Cening merupakan gerakan yang kreatif dari para mahasiswa untuk mencintai alam dan membangun potensi masyarakat di sekitarnya.

“Ada upaya masyarakat untuk mengelola potensi wisata disana dan membuat kerajinan sehingga dapat meningkatkan perekonomian warga. Tindak lanjut dari kegiatan ini, kami harapkan Pemerintah Kabupaten agar mampu mendampingi serta memfasilitasi warganya demi kemajuan Kendal,” imbuhnya. (Red-HJ34/Foto: MSFI/Harian Jateng).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here