Wisata Ereveld Candi dan Taman Gajahmungkur Cocok untuk Ngabuburit

1
Ereveld Candi di Gajahmungkur Semarang

Siapa yang sudah berkunjung ke lokasi wisata Ereveld Candi dan Taman Gajahmungkur Semarang yang cocok untuk ngabuburit menunggu buka puasa Ramadan 2015 ini? Lokasinya yang dekat dengan pusat Kota Semarang ini sangat cocok untuk bersantai dan menikmati keindahan alam.

Bagi Anda warga Semarang, pasti harus tahu apa itu Ereveld Candi  dan Taman Gajahmungkur yang terletak di dekat Kota Semarang. Ada dua objek wisata di dekat kota ini, yaitu Ereveld Candi dan Taman Gajahmungkur Kota Semarang.

Ereveld Candi Semarang
Dalam sejarahnya, Ereveld Candi merupakan lokasi pemakaman. Secara setting sejarah, Ereveld Candi adalah salah satu taman makam pahlawan Belanda. Untuk Ereveld Candi Semarang, berada di dataran tinggi yang berlokasi di Jalan Taman Jenderal Soedirman Nomor 4, Kelurahan Bendungan, Kecamatan Gajahmungkur, Kota Semarang Semarang, Jawa Tengah, Indonesia.

Di Kota Semarang, sebenarnya adalah dua Ereveld Candi, yaitu Ereveld Candi Kalibanteng Semarang dekat dengan Bandara Ahmad Yani Semarang, dan yang kedua adalah Ereveld Candi Gajahmungkur, Semarang yang satu kompleks dengan Taman Gajahmungkur yang menjadi ikon taman kota untuk kongkow, nongkrong dan tentunya ngabuburit.

Dalam sejarah Ereveld Candi, pendiri Ereveld Candi adalah perwira militer dari Brigade T. Saat itu, ia mendarat pada 12 Maret 1946. Di Ereveld tersebut, hanya prajurit Belanda yang dimakamkan di sana. Awal pembangunan Ereveld Candi ini adalah ditujukan untuk semua prajurit yang gugur dalam Perang Kemerdekaan Indonesia di Jawa Tengah.

Akan tetapi, pada akhirnya, di Ereveld Candi ini juga dimakamkan para prajurit yang telah wafat selama Perang Dunia II. Di Ereveld Candi ini terdapat lebih dari 1000 makam. Dari setting bangunannya, di sebelah timur Ereveld Candi ada pendopo. Jika Anda mau masuk ke Ereveld Candi, Anda harus mendaftar di pendopo tersebut.

Taman Gajahmungkur Semarang
Taman Gajahmungkur Semarang ini adalah taman yang berlokasi dekat dengan Ereveld Candi. Lokasinya juga dekat dengan Kantor Kecamatan Gajahmungkur, SPBU atau Pam Bensin Gajahmungkur Kota Semarang. Untuk ke sana, Anda bisa naik angkutan umum, atau taksi di Semarang.

Di sana juga ada berbagai penjual kuliner Semarang, mulai dari bakso, mi ayam, kemudian gado-gado, es teh, es jeruk, kemudian es gempol khas Semarang dan sebagainya. Desain Taman Gajahmungkur Semarang ini tak jauh berbeda dengan Taman Sampangan yang masih satu kecamatan dengan Gajahmungkur.

Jika Anda ingin ke Taman Gajahmungkur dan Ereveld Candi, silahkan langsung saja datang ke sana untuk sekadar berwisata di dekat kota dan ngabuburit menunggu puasa Ramadan 2015.
(Laporan Wisata Harian Jateng/Foto: Dian/Harian Jateng).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here