KNPI Kecamatan Kota Kendal Akan Manfaatkan RTH Kalireyeng

0
Suasana dialog di Kendal

Kendal, Harian Jateng – Pengurus KNPI Kecamatan Kota Kendal akan manfaatkan Ruang Terbuka Hijau (RTH) Kalireyeng sebagai pusat kegiatan pemuda Kecamatan. Hal itu disampaikan saat acara Dialog Kepemudaan & Buka Bersama yang dilaksanakan oleh Pengurus KNPI sekaligus peresmian sekretariat baru yang berada di RTH Kalireyeng, Kebondalem Kendal pada Minggu (5/7/2015) kemarin. Dialog dengan tema “Menumbuhkan Peran Pemuda Kecamatan Kota Kendal dalam meningkatkan pembangunan masyarakat Kendal yang beribadat” dihadiri oleh Perwakilan Dinas Pemuda & Olahraga, Camat Kota Kendal, Lurah Kebondalem beserta tamu undangan yang berasal dari Organisasi Kepemudaan (OKP) tingkat Kecamatan.

Dalam sambutannya, Camat Kota Kendal, Rubiyanto, S.Sos mengatakan bahwa keberadaan RTH Kalireyeng Kebondalem Kendal ini menjadi sarana umum yang dapat digunakan siapa saja, termasuk para pemuda se-kecamatan. Ia juga berharap, KNPI Kec. Kota Kendal dapat memanfaatkannya dengan baik dan turut menjaga ketertiban dan keamanan lingkungan sekitar. “Saya senang dengan adik-adik pemuda yang mau menghidupkan kegiatan di Kalireyeng ini. Sering-seringlah berkoordinasi dengan kami agar bisa merawat RTH ini,” imbuhnya.

Rondi, S.Sos M.Si selaku Narasumber menyampaikan bahwa pemuda merupakan aktor penting dalam perubahan nasib Bangsa. Sejak dulu, keberadaan pemuda selalu diperhitungkan karena semangatnya yang menggelora dalam segala hal, termasuk memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Maka, sebagai pemuda dituntut untuk kritis dalam upaya menyelesaikan permasalahan masyarakat. Pemerintah akan mendorong agar pemuda semakin giat dalam beraktifitas yang positif dengan mengupayakan pembangunan sarana kegiatan pemuda.

“Saat ini, bangsa kita memang sedang mengalami banyak permasalahan. Namun, sebagai pemuda janganlah menjadi bagian dari masalah itu, melainkan menjadi solusi,” imbuh Kasi Kelembagaan dan Kerjasama Pemuda, Dinas Pemuda & Olahraga Kendal itu.

RTH Kalireyeng sendiri merupakan ruang publik yang memiliki beberapa fasilitas, yaitu Panggung rakyat, los PKL, Panti Pemuda dan bangunan bambu yang dimanfaatkan untuk POLINDES, dan di lantai 2 untuk perpustakaan. Di sekitar juga terdapat Taman masyarakat dan lintasan jogging. Awalnya, masyarakat antusias dalam menggunakan fasilitas tersebut, dan ramai pengunjung dari Kendal maupun dari luar daerah. Namun, akhir-akhir ini geliatnya menurun, tidak seperti saat pertama kali dibangun.

Bayu Nugroho, Ketua PK KNPI Kec. Kota Kendal menyatakan siap membantu menyelesaikan permasahalan ini. “Permasalahan ini perlu diselesaikan oleh semua pihak, tidak hanya oleh pengelola saja. Pemerintah juga wajib membantu menggiatkan aktifitas yang produktif disini. Kami bersama pengurus akan berusaha merawat dan menjadikan Kalireyeng sebagai pusat kegiatan pemuda kecamatan,” ungkapnya saat didampingi oleh Muhammad Shofi F. I, Ketua Gerakan Pemuda Nusantara Kendal yang juga hadir dalam acara tersebut. (Red-HJ45/Foto: MSFI/Harian Jateng).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here