Wisata Goa Kreo Semarang yang Terkenal Pusat Kera Gaib Murid Sunan Kalijaga

0

Wisata Goa Kreo semarang sangat terkenal pusat kera gaib yang diyakini sebagai anak buah atau murid Sunan Kalijaga. Wisata Goa Kreo adalah salah satu daftar wisata Semarang yang wajib dikunjungi. Wisata Goa Kreo atau Gua Kreo Semarang ini satu lokasi dengan Waduk Jatibarang Semarang yang dijadikan wisata alam Semarang.

Goa Kreo dan Waduk Jatibarang ini menjadi salah satu destinasi wisata alam Semarang. Untuk Goa Kreo adalah goa alami, tidak dibuat manusia. Sejak tahun 2014, Goa Kreo berada di tengah-tengah Waduk Jatibarang yang dikelilingi pemandangan indah.

Di sekitar sungai kreo tersebut, terdapat hutan yang dulu penuh misteri dan sejarah yang berliku. Sejarah Wisata Goa Kreo dan Waduk Jatibarang Semarang tak lepas dari Sunan Kalijaga. Dari literatur sejarah, Goa Kreo berawal dari petilasan Sunan Kalijaga. Saat itu, dari data yang dihimpun Harian Jateng, Sunan Kalijaga mengambil kayu jati di sekitar hutan Goa Kreo. Kemudian, ia bertemu dengan sekawanan kera atau monyet. Kemudian, Sunan Kalijaga memerintahkan kera-kera tersebut untuk menjaga hutan di lokasi tersebut.

Kata Kreo, diambil dari kata mangreho, yang artinya jagalah, rawatlah. Sebab, saat itu Sunan Kalijaga memberi wasiat kepada monyet-monyet tersebut untuk menjaga hutan di lokasi tersebut. Konon, sejak saat itu, kera-kera tersebut menjadi murid-murid Sunan Kalijaga. Goa Kreo juga menjadi tempat bertapa atau uzlah Sunan Kalijaga. Sampai saat ini, dari pantauan harianjateng.com saat berkunjung ke lokasi Goa Kreo, masih banyak kera-kera berkeliaran di lokasi wisata tersebut. Jumlahnya puluhan bahkan ratusan yang bisa Anda jumpai saat berkunjung ke sana.

Lokasi Wisata Goa Kreo dan Waduk Jatibarang Semarang
Lokasi Wisata Goa Kreo dan Waduk Jatibarang Semarang berada di Kelurahan Kandri, Kecamatan Gunungpati, Kota Semarang, Jawa Tengah yang didedikasikan menjadi desa wisata Semarang yang sangat memukau. Anda bisa ke lokasi Goa Kreo tersebut dengan naik sepeda motor atau mobil.

Harga Tiket Masuk Wisata Goa Kreo dan Waduk Jatibarang Semarang
Harga tiket masuk Wisata Goa Kreo dan Waduk Jatibarang Semarang sangat murah. Per orang hanya Rp. 3500. Untuk biaya parkir sepeda motor hanya Rp. 2000 dan untuk mobil, bus atau truk, sekitar Rp.5000. Sedangkan untuk biaya sewa kapal untuk berkeliling Waduk Jatibarang, Rp 100.000 per jam yang muat sekitar dua orang.

Fasilitas Wisata Goa Kreo dan Waduk Jatibarang Semarang
Selain lahan parkir luas, goa, waduk, fasilitas Wisata Goa Kreo dan Waduk Jatibarang Semarang juga ada gazebo, panggung hiburan, pusat informasi, musholla, toilet, wisata kuliner khas Semarang, tempat selvie di jembatan Waduk Jatibarang dan sebagainya.

Selama ini, banyak sekali orang mencari informasi seputar wisata Semarang, waduk Jatibarang lokasi Goa Kreo Semarang,  alamat Goa Kreo Semarang, comments Goa Kreo, Goa Kreo Wisata Semarang, juga alamat waduk jatibarang, misteri Waduk Jatibarang, kedalaman Waduk Jatibarang, pembangunan Waduk Jatibarang, Hotel Goa Kreo atau Hotel Waduk Jatibarang, Bendungan Jatibarang, berita Waduk Jatibarang, lokasi Waduk Jatibarang, lokasi Waduk Jatibarang Gunungpati, Waduk Jatibarang 2015. Juga banyak orang membandingkan dengan Waduk Jatigede, Waduk Kedung Ombo, Perumahan Goa Kreo Semarang dan sebagainya.

Jika Anda tertarik ke lokasi Wisata Goa Kreo dan Wisata Waduk Jatibarang, jangan lupa bawa kamera untuk berfoto dengan kera-kera yang ada di sana yang sangat jinak dengan para pengunjung.
(Laporan Wisata Harian Jateng/Foto: Dian/Harian Jateng).

Berikut foto-foto Goa Kreo dan Waduk Jatibarang Semarang:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here