Cara Memilih Hewan Kurban yang Baik

0

Semarang, Harian Semarang – Bagi Anda yang mau kurban, Anda harus tahu cara memilih hewan kurban yang baik sebelum membeli hewan kurban atau biasa disebut hewan qurban. Selama ini memang sudah banyak tips memilih hewan kurban yang baik, cara membaca doa pemotongan hewan kurban, harga hewan kurban 2015, gambar hewan kurban, syarat hewan kurban, gambar penyembelihan hewan kurban 2015/1436 H, gambar hewan kurban lucu, syarat hewan kurban terbaru 2015, pemotongan hewan kurban dan lain sebagainya.

Cara pertama untuk milih hewan kurban yang baik adalah hewan qurbannya harus sehat. Sebab, sehat adala syarat mutlak suatu hewan yang akan dikurbankan. Jika sakit, obati dulu, tapi kalau bisa hindari hewan kurban yang sakit.

Kedua, jangan memilih hewan kurban yang korengan, kakinya pincang atau memiliki kecacatan. Kalau bisa, pilih yang sempurna. Sebab, hewan kurban yang sempurna lebih baik dan pahalanya akan dilipatgandakan.

Ketiga, pilihlah secara langsung, jangan lewat pedagang, calo atau tengkulak, baik itu sapi untuk kurban, kerbau, atau kambing untuk kurban. Semua sama, kalau bisa beli sendiri dan Anda harus teliti sebelum membelinya.

Keempat, pilihlah hewan kurban yang gemuk, sebab dalam kurban, yang dibagikan adalah dagingnya, bukan tulangnya. Ingat itu, dagingnya bukan tulangnya.

Kelima, pilih hewan kurban yang bulunya bersih, sebab, hal itu menjadi ukuran dalam menilai suatu hewan kurban.

Keenam, pilihlah hewan kurban yang gesit, artinya tidak lembek dan kalem dalam bergerak. Hewan seperti itu biasanya kuat dan sehat.

Ketujuh, pilihlah hewan kurban yang lengkap semua fisiknya. Pilih yang matanya sehat, kakinya sehat, bulunya bersih, telinganya sehat dan lain sebagainya.

Kedelapan, pilih hewan kurban yang nafsu makannya tinggi. Sebab, itu menjadi ukuran kesehatan. Kalau Anda membeli masih lama sebelum Idul Adha 2015, Anda masih punya kesempatan untuk menggemukkan hewan tersebut.

Kesembilan,pilih dan belilah hewan kurban dari orang yang dipercaya. Sebab, saat ini banyak sekali pedagang yang nakal yang menipu para pembeli hewan kurban.Makanya, kalau bisa Anda harus tahu dan minimal kenal dengan orang yang akan Anda beli hewan kurbannya.

Demikian tips dan cara memilih hewan kurban yang baik, sehat, dan unggul yang ditulis tim litbang Harian Semarang. Semoga bermanfaat bagi Anda.
(Laporan Khusus Harian Semarang/Foto: Harian Semarang).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here