Inilah 10 Syarat Donor Darah Sebelum Kamu Kena Dampaknya

0
Suasana donor darah di kampus.

Semarang, Harian Jateng – Bagi Anda yang suka donor darah, inilah 10 syarat donor darah sebelum kamu kena dampak negatifnya. Sebab, jangan dikira donor darah tidak membawa cacat bawaan. Pengertian donor darah adalah suatu proses pengambilan darah dari seseorang secara sukarela, tanpa paksaan dan politisasi, untuk disimpan di bank darah untuk kemudian digunakan pada transfusi darah.

Biasanya, di Indonesia dan khusus di Jawa Tengah, donor darah dilaksanakan oleh kampus, sekolah, bank, lembaga pemerintah, organisasi, LSM yang bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia atau PMI, rumah sakit, dinas kesehatan dan lain sebagainya.

Selama ini memang banyak orang mencari informasi seputar dampak negatif donor darah, manfaat donor darah, kemudian juga cara mendonorkan darah, proposal donor darah, dampak donor darah, donor darah PMI, pengertian donor darah, golongan darah, syarat donor darah dan lain sebagainya.

Berikut 10 syarat donor darah yang harus Anda penuhi sebelum Anda mendonorkan darah, pertama adalah semua calon donor harus berusia minimal 17 tahun dan maksimal 60 tahun. Batasan usia, menurut penelitian Kristina (2015) memang tidak penting, namun hal ini berkaitan dengan kesiapan kekebalan tubuh.

Kedua, berat badan minimal 45 kg. Ini menjadi prioritas semua pendonor, baik bertubuh kurus maupun betubuh gemuk. Ketiga, kadar hemoglobin >12,5 gr%. Keempat, tekanan darah 100-160 (sistol) dan 70-100 (diastol). Jika Anda suka bedagang, atau usai bedagang, di siang atau pagi kalau bisa jangan donor darah. Sebab, donor darah itu prinsipnya sukarela, bukan paksaan. Meskipun Anda merasa mampu, tapi kalau malamnya bedagang, mending paginya tidak usah donor darah.

Kelima, temperatur tubuh antara 36,6-37,5 derajat celcius. Syarat ini penting, karena selama ini banyak pendonor yang melanggarnya. Keenam, tidak mengalami gangguan pembekuan darah (hemofilia). Ketujuh, pendonor harus denyut nadi antara 50-100 kali permenit. Biasanya, sebelum mendonorkan darah, semua sukarelawan tersebut diperiksa terlebih dulu oleh dokter yang bertugas.

Kedelapan, pendonor harus memiliki kadar hemoglobin baik pria maupun perempuan minimal 12,5 gram. Kesembilan, tidak pernah menyumbangkan darah dalam jangka waktu 3 bulan sebelumnya. Hal ini menjadi penting, sebab meskipun donor darah tugas mulia, dan berdampak pada kelangsungan hidup manusia, tapi jika syarat ini dilanggar, maka risiko akan semakin besar.

Kesepuluh, syarat pendonor yang terakhir ini intinya Anda harus sehat. Saat Anda sakit berat atau sakit biasanya, lebih baik jangan mendonorkan darah, apalagi Anda mengidap penyakit hepatitis, diabeles militus, pengguna narkoba, alkohol dan lain sebagainya. Demikian sepuluh syarat sebelum Anda mendonorkan darah yang harus Anda pahami dengan teliti dan seksama. (Red-HJ66/Foto: Harian Jateng).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here