Kota Semarang Akan Menjadi E-Government Be Smart City

0
Kota Semarang di Jalan Pemuda saat malam hari.

Semarang, Harian Jateng – Pemerintah Kota Semarang yang saat ini dipimpin oleh PJ Walikota Semarang Tavip Supriyanto, kini menggagas E-Government yang didedikasikan sesuai slogan Pemkot Semarang yaitu Be Smart City (Based on E-Government, Semarang More Accountable, Realistic and Transparent City).

Baca juga: Daftar Hotel Murah Semarang, Jawa Tengah.

Hal itu dilakukan pemerintah dengan menjawab tantang zaman. Pasalnya, keberadaan informasi menjadi penting dan harus menyentuh akar permasalahan.

Oleh karena itu, Pemkot Semarang meluncurkan aplikasi menarik dengan nama “Layanan Publik” oleh Departemen Pengolahan Data Elektronik. Aplikasi tersebut dibuat dengan tujuan mendukung keterbukaan informasi publik bagi warga Kota Semarang.

Aplikasi tersebut, menjadi salah satu wujud keseriusan Pemkot Semarang dalam rangka merealisasikan Kota  berbasis “E-Government”. Apalagi, slogan Pemkot Semarang adalah Be Smart City (Based on E-Government, Semarang More Accountable, Realistic and Transparent City).

Tidak hanya berisi data-data, akan tetapi aplikasi Layanan Publik Kota Semarang tersebut, masyarakat bisa mencari informasi berbagai lokasi dan tempat yang ada di Kota Semarang. Tak sekadar kantor-kantor dinas, akan tetapi aplikasi tersebut juga memberikan informasi seputar tempat wisata, hotel di Semarang dan lain sebagainya.

Secara resmi, aplikasi menarik tersebut, bisa didonwload dengan gratis oleh warga Kota Semarang yang memiliki smartphone berbasis android mulai tanggal 21 September 2015 kemarin melalui Google Play Store.

Pembuat aplikasi tersebut, Aji Suprianto mengatakan bahwa aplikasi tersebut diluncurkan agar masyarakat dimudahkan dalam mencari informasi tempat-tempat di Semarang, mulai dari kantor pemerintah, hotel, tempat wisata.

 “Pokoknya informasi semua tempat yang ada di Semarang ada di sini,” ungkap dia.
Aplikasi tersebut, menurut Aji, telah dilengkapi dengan menu pencarian dan peta dari Google Maps, sehingga memudahkan pengguna untuk mencari lokasi tempat yang dituju.

Pengguna aplikasi tersebut, saat membuka aplikasinya, akan disuguhi dengan 4 macam menu utama, yaitu “Cari”, “Terdekat”, “Peta Informasi Layanan Publik” dan “Peta Google”.

Pada menu “Cari”, disuguhkan daftar seluruh tempat-tempat yang ada di Kota Semarang.  Jika pengguna hanya ingin mencari informasi tempat-tempat di sekitar pengguna berada, mereka dapat memilih menu “Terdekat”. Sedangkan untuk menemukan lokasi tempat yang dituju, pengguna cukup mengetikkan nama tempat pada kolom search, kemudian tekan menu “Peta Google”.

Hal itu tentu sangat membantu warga Kota Semarang, turis, wisatawan dan para pengusaha dan tamu saat berkunjung di Kota Semarang. Apalagi, hampir semua masyarakat saat ini memiliki dan menggunakan smartphone. (Red-HJ44/Smkot/Foto: Harian Jateng).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here