Menguak Misteri Kebakaran Mapolda Jateng

0
Kebakaran Polda Jateng, Rabu (30/9/2015).

Semarang, Harian Jateng – Kebakaran Mapolda Jateng atau Polda Jateng, kemarin, Rabu (30/9/2015) memang menyimpan misteri. Pasalnya, kejadian itu terjadi saat bertepatan dengan perigatan G30 S PKI yang menjadi hal menarik di Indonesia.

Baca juga: Ini Kronologi Kebakaran Polda Jateng.

Seperti diketahui, markas Kepolisian Daerah Jawa Tengah (Mapolda Jateng) terbakar. Ratusan sepeda motor dan beberapa mobil operasional turut terbakar dalam kejadian ini.

Api yang berasal dari gedung B tiga lantai di kompleks Mapolda Jateng di Jl Pahlawan, Semarang, sekitar pukul 11.00 WIB, Rabu (30/9/2015).

“Saya lagi ngetik diruangan dan tiba – tiba ada anggota yang teriak kebakaran. Tanpa pikir panjang saya langsung meninggalkan ruang di lantai dua. Dalam hitungan detik, api dengan cepat membesar,” kata salah satu pegawai Polda Jateng yang tak sempat menyebutkan namanya.

Gedung B yang terbakar dilantai 2 adalah ruangan BidKeu, Profesi, Ipwasda serta di lantai 1 ruangan dari Intelkam, RO Renabagian perencanaan dan anggaran.

Dengan cauaca yang terik dan Kencangnya hembusan angin membuat api cepat membesar. Akibatnya, Gedung B yang terbakar dilantai 2 adalah ruangan BidKeu, Profesi, Ipwasda serta di lantai 1 ruangan dari Intelkam, RO Renabagian perencanaan dan anggaran serta Sumber Daya Manusia di kompleks Polda Jateng hangus terbakar. Satu unit mobil patroli terlihat belum diselamatkan.

Seluruh Anggota polisi maupun karyawan berhamburan keluar untuk menyelamatkan diri serta menyelamatkan barang-barang berharga dan dokumen penting. 15 unit mobil pemadam kebakaran dan 2 unit mobil woter canon dikerahkan untuk mengatasi kobaran api.

Semua personil sabara POLDA Jateng di terjunkan untuk membantu kebarakan hebat tersebut.

Dalam kebakaran tersebut sekitar 80 tahanan di evakuasi di Masjid At Taqwa yang berada serkitar 20 meter dari lokasi kebakaran. Rencananya, untuk sementara waktu para napi akan dititipkan sementara di Mapolrestabes Semarang dan dibeberapa Polsek.

Saat peristiwa ini terjadi, Kapolda dan pejabat teras dikabarkan sedang melakukan kunjungan kerja ke Solo, Jawa Tengah.

Selang beberapa waktu Kapolda Irjen Pol Nur Ali tiba di Mapolda Jateng langsung meninjau lokasi kebakaran.

“Untuk Sementara kita melakukan pemadaman dulu biar tuntas dan tidak ada api yang menyala lagi. Kita sudah berbicara dengan Pemerintah Provinsi untuk meminjam ruangan Wisma perdamaian agar para anggota tetap bisa berkerja seperti biasa”, terang Nur Ali.

Dengan kejadian ini Wakil Gubernur Drs. H. Heru Sudjatmoko, M.Si langsung meninjau lokasi kejadian kebakanran.(Red-HJ44/Foto: Ari) .

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here