Berkunjung ke Wisata Santosa Stable dan Dewi Sembrani Kendal Yuk!

5
Pemandangan wisata Santosa Satble, Sabtu (17/10/2015).

Kendal, Harian Jateng – Wisata Santosa Stable dan Dewi Sembrani Kendal adalah salah satu objek wisata yang memacu adrenalin di Kabupaten Kendal, Jawa Tengah. Selama ini, keberadaan wisata Santosa Stable dan Dewi Sembrani ini juga menjadi alternatif wisata bagi warga Kota Semarang.

Jika Anda bosan dengan wisata yang biasa – biasa saja? Wisata yang hanya menyediakan permainan tanpa edukasi? Ingin yang memacu adrenalin? Santosa Stable dan Dewi Sembrani (Desa Wisata Semangat Berkuda dan Bertani) mulai hadir untuk memanjakan pengunjung dengan pemandangan perbukitan asri, wisata berkuda yang memacu adrenalin, outbond, ataupun belajar pertanian.

Objek Wisata Santosa Satble Kendal
Berbagai macam paket wisata berkuda maupun bertani ditawarkan di Santosa Satble. Berjarak sekitar 25 Km dari Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang, di perjalanan pengunjung dapat menikmati hamparan sawah yang membentang luas disepanjang jalan.

Objek Wisata Santosa Satble Kendal ini beralamat di Dusun Lendoh, Desa Leban, Kecamatan Boja, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah.

Pengunjung hanya perlu merogoh kocek 5000 rupiah untuk dapat masuk ke tempat wisata berkuda. Santosa Stable buka selama 6 hari dalam seminggu mulai pukul 08.00 hingga 17.30 dan tutup setiap hari Senin.

Wisata yang mulai dirintis sejak bulan Januari 2015 lalu, sudah memiliki beberapa member kursus berkuda. Walaupun wisata ini belum resmi dibuka, tetapi minat pengunjung yang datang untuk belajar berkuda maupun bertani cukup memuaskan. Tanggapan positif terlihat dari pengunjung yang datang dari berbagai Kota seperti Semarang, Yogyakarta, Magelang, dan lainnya. Fasilitas yang disediakan pun cukup beragam, seperti restaurant, cafe, penginapan, area bermain anak, area berkuda yang luas dan lain sebagainya.

Selain wisata berkuda, Santosa Stable juga membuka sekolah berkuda yang banyak diminati dari berbagai kalangan usia. Sedikitnya 80 siswa yang sudah terdaftar sebagai siswa di sekolah berkuda tersebut. Mulai usia 6 tahun sampai Lansia pun bisa asalkan mampu dan memiliki fisik yang kuat untuk berkuda. Tak hanya hiburan saja yang didapat dari wisata maupun sekolah ini, tetapi juga banyak ilmu yang diperoleh. Melatih untuk memiliki jiwa sebagai pemimpin yang dapat menundukkan bawahannya sama seperti menaklukan kuda yang akan ditunggangi.

Santosa Stable merangkul masyarakat desa seperti para pemudanya untuk dapat meningkatkan perekonomian. Untuk itu, pengelola Santosa Stable yang tak lain juga seorang atlet berkuda mencoba membuat desa wisata yang dapat bermanfaat bagi masyarakat.

Dewi Sembrani yang tak lain adalah kependekan dari Desa Wisata Semangat Berkuda dan Bertani mencakup dua desa, yakni Desa Leban dan Desa Pasigitan yang terletak di Kecamatan Boja, Kendal. Dewi Sembrani menawarkan potensi wisata yang menonjolkan aktivitas berkuda dan bertani. Sebagian besar penduduknya merupakan petani sawah dan di antaranya aktif membuat gula aren dan mengolah kolang kaling.

Selain wisata alam, daerah ini terdapat petilasan Ki Hajar Buntit yang memiliki daya tarik berupa akar pohon yang menjuntai sehingga bisa dinaiki seperti ayunan. Banyak paket wisata yang ditawarkan, dan pastinya sangat memuaskan. (Laporan Wisata Nur Sovy/Harian Jateng).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here