Di Korea, ada Turnamen Sepakbola antar TKI

2
Pengusaha korea memberikan piala kepada pemenang turnamen piala TKI di Korsel

Harian Jateng – Menurut data Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) penempatan TKI di Korea Selatan sejak 2004-2015 berjumlah 61.083 dan setiap tahun minat WNI untuk bekerja di negeri gingseng itu meningkat.

Minat TKI asal Jawa Tengah ke Korea terbilang tinggi. Selain bekerja, TKI di Korea Selatan diberikan kebebasan untuk menyalurkan hobinya. Salah satu komunitas hobi yang terbentuk adalah komunitas pesepak bola.

Aisa Taufik, TKI asal Kabupaten Demak Jawa Tengah yang mengikuti komunitas ini mengatakan bahwa TKI yang suka bersepak bola membentuk komunitas ini. TKI yang berdomisili sekota membentuk tim dan latihan bersama.

“Selain itu, ada turnamen antar tim yang disponsori pengusaha Korsel. Juara 1 mendapat hadiah 1 juta won dan setiap pemain mendapat medali,” ujarnya yang membela tim TKI di Sheonghwan.

Ia melanjutkan, komunitas pesepak bola TKI sudah terbentuk di beberapa kota yaitu Sheonghwan,

Incheon, Myeongdong, Hwasong, Songuri, Asan, Pyeongtaek, Jeonju, Bucheon, Seosan, dan Yongin.

“Setiap tim beranggotakan sekitar 25 orang. Jadi sekitar 275 TKI yang ikut komunitas ini,” tutur TKI yang berhasil membawa timnya menjadi juara 1 di turnamen tahun ini.

Ia mengatakan selain menjadi penyaluran hobi, komunitas ini juga mampu membentuk persaudaraan sesama TKI di Korea Selatan. (Red-HJ44/Hasyim).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here