HMJ Akuntansi FE UMK Gelar Seminar Nasional

0
M Ardiansah Ketua Panitia Seminar

Kudus, Harian Jateng – Dalam waktu dekat, Himpunan Mahasiswa Jurusan Akuntansi (HMJ-A) Fakultas Ekonomi Universitas Muria Kudus (FE UMK) akan menggelar seminar nasional bertajuk “Kemampuan Ekonomi Nasional dalam Menghadapi Gejolak Perekonomian Global”.

Sesuai rencana, seminar nasional tersebut akan dihelat besuk pada 5 Desember 2015 mendatang. Diagendakan narasumber dalam seminar ini adalah Salamudin Daeng (Ekonom Asosiasi Ekonomi Politik Indonesia/ AEPI) yang juga peneliti senior Indonesia for Global Justice) dan Dr. Mamik Idaryani MS. (kepala Lembaga Penelitian/ Lemlit UMK).

M. Ardiansah, ketua panitia seminar, menjelaskan, penyelenggaraan kegiatan ini dilatari oleh pelemahan ekonomi nasional menghadapi gejolak perekonomian global, yang ditandai dengan melemahnya nilai tukar rupiah terhadap dolar dan lesunya indeks harga saham gabungan.

‘’Pelemahan ekonomi Indonesia merupakan salah satu dampak nyata dari gejolak perekonomian global, baik secara makro maupun mikro,’’ papar dia didampingi Handoyo, Jum’at (13/11/2015) di Kudus.

Dia menuturkan, di sektor makro, pelemahan ini ditandai dengan berkurangnya penanaman modal (investasi). ‘’Banyak investor yang berpindah dari Indonesia ke negara lain, sehingga dapat memberikan dampak pada pembangunan nasional yang melibatkan investasi asing,’’ tandas dia.

Sementara itu, dalam tataran mikro, banyak Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang mulai merasakan dampak pelemahan ekonomi ini, sehingga banyak yang kemudian mengurangi tenaga kerja, bahkan gulung tikar. ‘’Seminar ini adalah dalam rangka mencari solusi atas problem pelemahan ekonomi nasional yang seringkali melanda,’’ terangnya.

Bagi Anda yang berminat, silahkan tanyakan informasi selengkapnya dan pendaftaran mengenai seminar ini bisa menghubungi panitia di 085640743771 (Handoyo) atau 082138448468 (Ardi). (Red-HJ12/Eros).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here