Gedung Baru Polda Jateng Habiskan Rp 200 Miliar

0
Kantor Polda Jateng yang beberapa waktu lalu terbakar.

Semarang, Harian Jateng – Gedung baru Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Tengah akan mulai dibangun lagi pada Maret 2016 mendatang. Seperti diketahui, gedung Mapolda Jateng terbakar pada 2015 lalu yang membuat beberapa gedung tersebut ludes.

“Kalau pembangunan dengan biaya Rp200 miliar tentu harus pakai lelang,” ujar Wakapolda Jawa Tengah Brigadir Jenderal Musyafak, Jumat (8/1/2016).

Untuk biaya pembangunannya, akan menggunakan APBN serta sebagian dari APBD Jateng.

Dikatakan Musyafak, pembangunan gedung baru Polda Jateng tersebut akan dimulai Maret 2016 mendatang.

“Mulai Maret, akan ditandai dengan peletakan batu pertama pada tanggal 1,” beber dia di Semarang.

Dikatakannya, pada tahap awal, akan dilakukan lelang konsultan, serta manajemen perencanaan sebelum akhirnya dilaksanakan lelang pekerjaan.

Untuk sementara ini, bangunan lama yang terbakar telah dibersihkan dan diratakan dengan tanah agar memudahkan pembangungan nanti.

Menurut Musyafak, kompleks markas Polda Jateng ke depan, akan memiliki lahan parkir yang bisa menambung ribuan kendaraan bermotor anggota polisi maupun masyarakat yang memerlukan pelayanan kepolisian.

“Tentu tidak bisa selesai dalam sekali pelaksanaan,” beber dia.

Dijelaskannya, untuk tahap awal, alokasi anggaran yang tersedia baru sekitar Rp50 miliar yang terdiri atas APBN dan bantuan APBD Jateng.

“Gedung baru berlantai delapan itu nantinya, diperkirakan selesai pada 2017,” ujar Jenderal Bintang Satu yang akan menjabat sebagai Kapolda Jambi tersebut. (Red-HJ99/Foto: Dli-Harian Jateng).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here