Daftar Wisata Banjarnegara Murah Paling Mengerikan di Dunia

10

Daftar wisata Banjarnegara murah paling mengrikan di dunia ini perlu dibaca wisatawan. Sebab, Kabupaten Banjarnegara memang gudanganya wisata. Secara administratif, Banjarnegara berbatasan dengan Kabupaten Pekalongan dan Kabupaten Batang di Utara, Kabupaten Wonosobo di Timur, Kabupaten Kebumen di Selatan, dan Kabupaten Banyumas dan Kabupaten Purbalingga di Barat.

Daftar wisata Banjarnegara murah paling mengerikan di dunia ini menjadi andalan wisata di Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, Indonesia yang sudah banyak dikunjungi oleh jutaan wisatawan lokal, nasional dan mancanegara dari berbagai penjuru dunia.

Baca juga: Daftar Hotel Lengkap Banjarnegara yang Murah.

Baca juga: Daftar Homestay Banjarnegara Wajib Dikunjungi.

Banjarnegara, dari penelitian Harian Jateng, memang menyimpan banyak wisata, mulai dari wisata alam Banjarnegara, wisata religi Banjarnegara, wisata edukasi Banjarnegara, wisata Dieng Banjarnegara, agrowisata Banjarnegara, juga wisata budaya Banjarnegara, wisata kuliner Banjarnegara dan lain sebagainya.

Di tiap kecamatan di Banjarnegara, sebenarnya menyimpan wisata tersendiri yang harus dikunjungi. Mulai dari Wisata Banjarmangu Banjarnegara, kemudian Wisata Kecamatan Banjarnegara, Wisata Batur Banjarnegara, juga Wisata Bawang Banjarnegara, juga Wisata Kalibening Banjarnegara dan lainnya.

Selain itu juga ada daftar Wisata Karangkobar Banjarnegara, juga Wisata Madukara Banjarnegara, kemudian Wisata Mandiraja Banjarnegara, setelah itu juga ada Wisat Pagentan Banjarnegara, juga Wisata Pagedongan Banjarnegara, juga Wisata Pandandarum Banjarnegara.

Kemudian di kabupaten Banjarnegara juga ada Wisata Pejawaran Banjarnegara, juga Wisata Punggelan Banjarnegara, obyek Wisata Purwanegara Banjarnegara, Wisata Purworejo Klampok Banjarnegara, objek Wisata Rakit Banjarnegara, Wisata Sigaluh Banjarnegara, juga Wisata di Susukan Banjarnegara, kemudian Wisata Wanadadi Banjarnegara dan Wisata Wanayasa Banjarnegara.

Berikut 11 daftar Wisata Banjarnegara yang wajib Anda kunjungi:

1. Obyek Wisata Dataran Tinggi Dieng





Wisata dataran tinggi Dieng atau Wisata Dieng Plateu Banjarnegara ini adalah sebuah obyek wisata yang terletak di dua wilayah, yaitu di Banjarnegara dan Wonosobo.

Tidak heran, jika ada Dieng Banjarnegara dan Dieng Wonosobo, karena lokasinya memang di dua kabupaten. Secara lokasi, untuk Dieng ini memang terbagi menjadi dua objek wisata, yaitu Dieng Wonosobo dan Wisata Dieng Banjarnegara. Ayo segera ke sana!

2. Wisata Curug Pitu Banjarnegara
Wisata Curug Pitu ini adalah salah satu objek wisata di Banjarnegara, Jawa Tengah. Desain wisata Curug Pitu ini adalah nama air terjun yang berada di Desa Kemiri, Kecamatan Sigaluh, Kabupaten Banjarnegara.

Keindahan air terjun ini memang memukau. Dinamakan Curug Pitu, sebab memiliki tujuh buah curug dengan ketinggian yang berbeda mulai dari tingkat atas sampai bawah.

Semua pengunjung yang ingin melihat curug satu tingkat di atasnya bisa menapaki anak tangga yang telah disediakan oleh pengelola setempat.

3.Taman Rekreasi Marga Satwa Serulingmas Banjarnegara
Wisata Taman Rekreasi Margasatwa Serulingmas (TMRS) juga menjadi andalan wisata Banjarnegara. Pasalnya, wisata Taman Rekreasi Margasatwa Serulingmas (TMRS) ini merupakan tempat wisata di Banjarnegara yang awalnya dikenal dengan nama Selamanik.

Mengapa demikian? Sebab, di sekitar lokasi terdapat objek wisata religi berupa makam Ki Ageng Selamanik.

Fasilitas wisata TMRS Banjarnegara ini adalah kebun binantang, kemudian juga berada di pusat kota sehingga sangat mudah diakses para wisatawan. Selain kebun binatang, di taman margasatwa serulingmas juga terdapat kolam renang dan arena permainan anak yang memanjakan para pengunjung.

4.Wisata Surya Yudha Park Banjarnegara
Wisata Surya Yudha Park Banjarnegara ini juga menjadi andalan para wisatawan untuk dikunjungi. Sebab, Surya Yudha Park atau wisata Surya Yudha Water Park menyuguhkan berbagai wahana untuk keluarga.

Wisata ini adalah wisata keluarga yang menyediakan berbagai fasilitas, termasuk kolam renang dan lain sebagainya.

Lokasi Surya Yudha Park Banjarnegara ini adalah di Jalan Raya Karang Kobar Km 1 Desa Rejasa, Kecamatan Banjarnegara, Jawa Tengah yang dibuka tiap hari mulai pukul 08.00-17 WIB.

Saking terkenalnya, banyak orang mencari informasi seputar hotel dekat Surya Yudha Park Banjarnegara, harga tiket masuk Surya Yudha Park Banjarnegara, fasilitas Surya Yudha Park Banjarnegara, tarif hotel Surya Yudha Park Banjarnegara, alamat Surya Yudha Park Banjarnegara dan lainnya.

5.Wisata Serayu Park Banjarnegara
Wisata Serayu Park Banjarnegara adalah wisata buatan di Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah. Fasilitas Wisata Serayu Park Banjarnegara adalah meeting room, karaoke, resto, hotel yang sangat memukau pengunjung.

Lokasi Wisata Serayu Park Banjarnegara adalah di  Hakab Selomanik, Seruling Mas, Banjarnegara, Jawa Tengah.

6.Wisata Curug Muncar Banjarnegara
Wisata Curug Muncar Banjarnegara adalah wisata alam di Banjarnegara, Jawa Tengah. Saking memukaunya, Curug Muncar ini memiliki ketinggian lebih dari 40 meter dan berada pada kawasan Perhutani yang dikelola dengan rapi.

Lokasi Curug Muncar ini berada di lereng gunung Ragajambangan dengan ketinggian sekitar 1249  di atas permukaan laut. Alamat Curug Muncar ini sangat dekat dengan  Purworejo, sebab tidak kurang dari 45 km arah barat laut sudah sampai di Kota Purworejo.

7.Gunung Tampomas Banjarnegara
Wisata Gunung Tampomas Banjarnegara adalah objek wisata alam, berupa gunung mini yang berlokasi tak jauh dari Alun-alun Banjarnegara.

Wisata Gunung Tampomas Banjarnegara ini berbeda dengan Gunung Tampomas Sumedang Jawa Barat. Sebab, Gunung Tampomas Banjarnegara adalah obyek wisata alam berupa gunung kecil di sekitar waduk Mrica yang lokasinya di Desa Masaran, Kecamatan Pagedongan, Banjarnegara.

8.Gunung Lanang Banjarnegara
Wisata Gunung Lanang Banjarnegara memang menyimpan eksotisme tinggi. Sebab, wisata ini memang aneh, karena banyak sejarah Gunung Lanang Banjarnegara, mitos Gunung Lanang Banjarnegara yang diteliti banyak orang.

Jika Anda tertarik ke lokasi Wisata Gunung Lanang Banjarnegara, lokasinya adalah di Madukara, Kecamatan Banjarnegara, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah. Capcus ke sana saja!

9.Wadas Tumpang Banjarnegara
Wadas Tumpang Banjarnegara adalah objek wisata alam berupa hutan dan gunung menarik di Banjarnegara.

Dalam sejarahnya, Wadas Tumpang Banjarnegara dulu adalah tempat pertapaan, sehingga sampai saat ini banyak sekali sejarah dan mitos Wadas Tumpang Banjarnegara yang berkembang.

Jika Anda mau ke alamat Wadas Tumpang Banjarnegara, lokasinya adalah di Desa Majalengka, Kecamatan Bawang, Kabupaten Banjarnegara.

10.Arung Jeram Sungai Serayu Banjarnegara
Arung Jeram Sungai Serayu Banjarnegara ini adalah wisata alam yang sangat menantang. Sebab, Anda akan menyiapkan tenaga sebelum berwisata di Sungai Serayu tersebut.

Lokasi Arung Jeram Sungai Serayu Banjarnegara ini sebenarnya ada di dua kabupaten, sebab Sungai Serayu sendiri membentang antara Kabupaten Banjarnegara dan Kabupaten Wonosobo.

Tidak heran jika banyak orang mencari informasi seputar Arung Jeram Sungai Serayu, rafting Serayu Wonosobo, misteri Sungai Serayu dan sejarah serta mitosnya, arung jeram Magelang, kemudian juga  serayu adventure Indonesia di Banjarnegara, dan sampai  Arung Jeram Sungai Serayu Banjarnegara. Selamat mencoba!

11.Bendungan Panglima Besar Jenderal Soedirman (Waduk Mrica)
Bendungan Panglima Besar Jenderal Soedirman ini juga disebut Waduk Mrica Banjarnegara. Lokasi objek wisata alam ini sekitar 9 km barat Kota Banjarnegara, Jawa Tengah.

Jika Anda ke sana, jangan lupa bawa kamera, tongsis dan peralatan lain. Sebab, pemandangan di sana sangat memukau dunia.

Tidak heran, banyak wisatawan mencari informasi seputa Waduk Mrica Banjarnegara, sejarah dan mitos Waduk Mrica Banjarnegara, lokasi Waduk Mrica Banjarnegara, hotel dekat Waduk Mrica Banjarnegara, PLTA Mrica, Waduk Mrican, Waduk Wadas Lintang, asal usul Waduk Mrica Banjarnegara dan lain sebagainya.

12. Curug Sirawe Banjarnegara
Curug Sirawe Banjarnegara  adalah wisata alam yang merupakan ari terjun atau curug. Lokasi Curug Sirawe Banjarnegara adalah di sebelah barat Dieng.

Alamat Curug Sirawe Banjarnegara tidak jauh dari kawasan wisata dieng terdapat sebuah curug bernama Curug Sirawe, lokasinya berada di Dusun Bitingan, Desa Kepakisan, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara.

Akan tetapi, ada juga informasi mengatakan kalau curug ini sudah masuk wilayah Kabupaten Batang. Curug Sirawe Banjarnegara ini memiliki ketinggian sekitar 80 meter dan cukup unik karena air panas dan dingin menjadi satu yang sangat memukau.


13. Curug Genting, Curug Mrawu dan Mata Air Panas Giri Tirta
Desa Giri Tirta di Kecamatan Pejawaran, Kabupaten Banjarnegara memiliki tiga objek wisata yang bisa anda kunjungi yaitu curug genting yang memiliki ketinggian 70 meter, curug mrawu dengan ketinggian 50 meter dan juga sumber air panas yang sangat ajaib.

Ketiga objek wisata di Banjarnegara tersebut letaknya tidak berjauhan, dapat dicapai dengan berjalan kaki melewati jalan setapak membelah ladang sayur dan sawah.

14. Wisata Curug Sikopel Banjarnegara
Wisata Curug Sikopel Banjarnegara adalah salah satu objek wisata yang sangat mamukau. Lokasi Wisata Curug Sikopel Banjarnegara adalah di Desa Babadan, Kecamatan Pagentan, Kabupaten Banjarnegara.

 Air terjun atau curug ini memiliki ketinggian sekitar 70 meter dengan kolam yang cukup dalam dibawahnya. Curug ini dapat dicapai dengan berjalan kaki yang membutuhkan waktu sekitar setengah jam saja.

Selain curu-curug di atas, di Banjarnegara dan sekitarnya sendiri, banyak sekali curug berjubel, seperti Curug Kasinoman, Curug Pitu Banjarnegara, Curug Pletuk Banjarnegara, Curug Sinoman Banjarnegara, Curug Sikopel Banjarnegara dan lain sebagainya.

Demikian 14 wisata Banjarnegara, Jawa Tengah yang disuguhkan tim traveling Harian Jateng. Semoga bermanfaat dan selamat menikmati wisata Anda di Banjarnegara. (Red-HJ99/Foto: Harian Jateng).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here