Festival Durian Goa Kreo Semarang Sedot Pengunjung

0
Suasana objek wisata Goa Kreo Semarang, Jumat (5/2/2016).

Semarang, Harian Jateng – Kegiatan Festival Durian Gunungpati bertempat di objek wisata Waduk Jatibarang Goa Kreo mampu menyedot banyak pengunjung yang datang dari Kota Semarang dan sekitarnya, Jumat (5/2/2016).

Dari pantauan sejak pagi, pengunjung sudah mulai berdatangan ke lokasi acara yang digelar selama tiga hari kedepan itu untuk memadati lokasi objek wisata tersebut untuk membeli buah durian baik dimakan ditempat maupun dibawa pulang di sepanjang jalan menuju lokasi acara.

Bagi pengunjung yang makan ditempat biasanya datang bersama keluarga sekaligus untuk menikmati liburan atau rekreasi sambil menikmati buah durian dengan memandang pemandangan berupa hamparan luas Waduk Jatibarang. Sebagian besar masyarakat datang ke acara festival tersebut karena mereka penasaran mencari buah durian lokal gunungpati dengan harga yang terjangkau.      

Sedangkan harga yang ditawarkan oleh para penjual durian dibawah Rp 100 ribu per buah, kecuali untuk durian montong gunungpati (monti) yang dijual dengan harga perkilo sebesar Rp 40 ribu. Durian ini adalah buah lokal Gunungpati yang memiliki keunggulan rasanya lezat dan beratnya bisa mencapai 8 kg per buahnya.

Salah satu peserta festival sekaligus penjual durian Antono mengatakan, dirinya mengakui bahwa baru mengikuti acara ini untuk yang pertama kalinya dalam festival durian Gunungpati tersebut. Dirinya menawarkan durian unggulan lokal gunungpati yakni jenis kendil ijo dan  keong emas.

“Adapun keunggulannya buah durian saya adalah dari rasanya dan ukurannya, kalau keong mas rasanya hanya manis, sedangkan ukurannya kecil. Jika jenis durian kendil ijo, selain manis ada rasa pahitnya. Tergantung selera pengunjung mau pilih yang mana,”jelasnya.

Sedangkan untuk harganya dia tawarkan dibawah Rp 100 ribu per buah. Karena untuk awal dirinya ingin memperkenalkan kepada masyarakat luas jenis durian lokal gunungpati tersebut. Sehingga bisa menggaet lebih banyak pelanggan untuk memperluas pasar durian lokalnya tersebut.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Kota Semarang Rusdiana mengatakan, rangkaian acara Festival Durian Gunungpati untuk hari pertama, Jumat (5/2/2016) juga digelar lomba buah durian unggul dan lomba makan cepat buah durian. Untuk lomba buah unggul durian tersebut diiikuti oleh sebanyak 56 peserta yang nantinya akan dipilih juara satu sampai juara enam.

“Pada hari kedua, pada Sabtu (6/2/2016) besok akan hadir pula Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang akan membuka secara resmi festival tersebut. Pada hari yang bersamaan akan ada agenda arak-arakan yang membawa buah durian raksasa jenis monti buah durian lokal gunungpati,”katanya. (Red-HJ99/Ari).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here