Media Wonosobo Harus Angkat Potensi Wisata Lokal

30
Ratusan pelajar memeriahkan jalan sehat HPN di alun alun Kota Wonosobo, Jumat (12/2/2016).

Wonosobo, Harian Jateng – Selama ini, potensi wisata lokal Kabupaten Wonosobo selain Dieng memang memukau bagi wisatawan. Oleh karena itu, butuh publikasi melalui media di wilayah Wonosobo agar semakin dikenal wisatawan.

“Demi tersajinya berita-berita yang mampu menggerakkan warga masyarakat untuk tetap semangat dalam berkarya, maka wartawan pun harus sehat, tak hanya jasmani, tapi juga rohaninya,” kata Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Wilayah 5 Jawa Tengah, H Sudarman dalam acara pelepasan ratusan peserta jalan sehat dalam rangka Hari Pers Nasional di alun-alun Kota Wonosobo, Jumat (12/2/2016).

Acara jalan sehat yang dihadiri pula segenap unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah dan beberapa pimpinan BUMD itu menjadi salah satu dari puluhan kegiatan dalam rangka HPN di Wonosobo.

Pihaknya meminta para jurnalis untuk bisa menjaga semangat para pembaca, melalui tulisan-tulisan yang informatif dan sehat.

Masyarakat yang menjadi penikmat setia media, baik cetak maupun eletronik, menurut Sudarman layak mendapat informasi yang proporsional, akurat dan sehat.

Sudarman juga menyebut, bahwa dewasa ini kebutuhan masyarakat akan informasi terus meningkat. Informasi berupa pemberitaan yang terbit di media, dikatakan wartawan senior yang telah berkiprah lebih dari 3 dekade itu, bisa membawa pengaruh kuat bagi pembacanya.

Jurnalis senior tersebut kemudian memberi contoh, pemberitaan soal antusiasme desa-desa untuk membangun potensi wisata yang ada di sekitar mereka.

“Beberapa hari lalu, acara HPN diisi dengan kegiatan menanam di objek wisata baru, Lobang Sewu Desa Erorejo, di mana terlihat betapa segenap elemen masyarakat benar-benar bersemangat mengelolanya,” tandas Sudarman.

Dijelaskan dia, hal itu juga tak lepas dari media yang secara masif memberitakan potensi keindahan panorama lobang sewu.

Pemberitaan di media membuat wisatawan datang dan secara otomatis menggerakkan warga setempat untuk mengelola secara lebih baik lagi.

Harapan agar pers bisa berperan sebagai motivator bagi masyarakat juga datang dari Penjabat Bupati, Satriyo Hidayat.

Dikatakan Satriyo, jurnalis memang memegang peran cukup penting dalam kemajuan daerah.

“Kami berharap, melalui momentum HPN yang diisi berbagai kegiatan positif ini, terwujud pula sinergi antara Pers dengan Pemerintah, terutama dalam mengupayakan edukasi kepada masyarakat melalui pemberitaan yang sehat,” tandas Pj Bupati sebelum mengibarkan bendera start jalan sehat. (Red-HJ99/Foto: Jamil-Harian Jateng).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here