Djoko Nugroho dan Dandim Blora Letkol Inf Susilo Panen Padi

0
Suasana panen padi bersama, Senin (29/2/2016).

Blora, Harian Jateng – Bersama kelompok Tani Sumber Pangan Desa Kentong, Kecamatan Cepu, Kabupaten Blora, Jawa Tengah, Bupati Djoko Nugroho dan Komandan Kodim 0721/Blora Letkol Inf Susilo, S. Sos panen padi bersama, Senin (29/2/2016).

Kelompok tani di Kecamatan Cepu tersebut, memang  sukses menanam padi jenis Ciherang. Selama proses penanaman sampai panen, tidak terkena hama, baik hama tikus maupun burung emprit, dan kini mereka melakukan panen raya padi bersama, Senin (29/2/2016).

Pada kesempan ini Bupati Blora Djoko Nugroho, Komandan Kodim 0721/Blora Letkol Inf Susilo, S. Sos, Kepala Balai Besar Biogen Kementrian Pertanian di wakil Ir Mastur, Kepala Dintanbunnakikan Ir. Reni Miharti, sejumlah Asisten Setda Blora dan Staf Ahli Bupati,  Unsur Forkopimcam Cepu.

Hadir juga Para Kalur dan Kades serta gabungan kelompok tani (gapoktan) setempat, kini bersama-sama melaksanakan panen raya padi di Kecamatan Cepu dengan sasaran luas panen MT I 2.612 hektare, adapun yang di panen hari ini seluas 225 Ha milik Gapoktani Sumber Pangan di Desa Kentong yang diketuai Suraji.

Bupati Blora Djoko Nugroho mengingatkan kepada para petani harus bisa memanfaatkan pengairan yang ada, air di daerah sini bisa dibilang lebih dibanding daerah lain.

“Di  Kecamatan Cepu bisa di bilang lumbung padi selain kecamatan Kedungtuban, Bupati berharap para petani jangan menjual hasil panen padi kepada tengkulak,” kata Bupati Blora.

Kepala Dintanbunnakikan Ir. Reni Miharti menjelaskan, salah satu upaya pencampaian produksi tahun 2016 Kab. Blora akan melaksanakan pembangunan infrastruktur irigasi yang diharapkan akan berdampak pada produksi tahun ini.

Ada 6 (enam) masalah utama untuk mendongkrak kebutuhan pangan tersebut. “Di antaranya,sarana Irigasi, penyediaan benih unggul, Pupuk, alat mesin pertanian, Organisma Pengganggu Tanaman (OPT), dan Penyuluhan secara intensif, kini dilakukan oleh Babinsa Se jajaran Kodim 0721/Blora dan PPL selaku pendampingan pertanian. Jelasnya

Sementara itu, Komandan Kodim 0721/Blora Letkol Inf Susilo, S. Sos menambahkan, kami selaku Dandim atau warga baru di Kab. Blora, tentunya siap mendukung dan turut serta mensukseskan kebijakan-kebijakan dari komando atas dalam meningkatkan Upsus (Upaya Khusus) Pajale.

“Terimakasih atas kerjasama antara Kelompok Tani, Babinsa dan BPL Pertanian, sehingga pada saat pelaksanaan panen raya ini bisa dilaksanakan dengan sukses, hasil bisa melimpah kesejahteraan dapat meningkat,“ ujar Dandim Blora Letkol Inf Susilo. (Red-HJ99/Sudjono).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here